13 March 2009

Mohon Bantuan

Saya beberapa hari yang lalu mendapatkan 2 sms sekaligus yang isinya tentang adik dari seorang temen saya yang lagi berada di rumah sakit lantaran mesti di operasi otaknya. Jadi tadi siang, saya menjenguknya ke rumah sakit. Orangnya masih dalam keadaan koma kira-kira seminggu begitu. Lalu saya tanyakan ke keluarga dekatnya tentang penyebab ataupun penyakit yang dideritanya sang pasien ini. Kalau tak salah dengar penyakitnya ini dinamakan Aneurisma. Karena penasaran dengan penyakit ini saya coba search di Google dan didapatkan penjelasan dalam versi Inggris dan versi Indonesia-nya.

Pendek kata, penyakit ini menyebabkan dinding pembuluh darah pecah yang dikarenakan tipisnya dinding ini. Adik dari temen saya ini sempat di operasi sebanyak 2 kali dan sampai sejauh ini belum menampakkan hasil yang melegakan. Untuk kronologisnya, akan saya kutip dari facebooknya Dharmawaty Chang :

***********************************
Data pasien:
Acien (Juliana) seorang pasien yang mengalami koma (penggumpalan darah) selama 2 hari dan telah melakukan operasi otak sebanyak 2 kali.Yang kabarnya telah menelan biaya diatas 100 juta dan sedang mendapat perawatan di ruang ICU di RS Deli Medan. Adapun data pasien adalah sebagai berikut : JULIANA (LEE LIE CIEN) TGL LHR: 5 APRIL'81. Alamat JL. BANTENG 17 A, medan merupakan staf dan pegawai di Wilmar International - Medan (Ex KPN). Nama suami: Soni adalah salah satu staf di perusahaan STTC

Hari Minggu, 8 Maret 2009 (dini hari)


02.30 Perjalanan menuju Parapat, Danau Toba
Saat mau masuk tol, Acien sakit kepala tapi dia tidak tahu di mana letak sakit kepalanya. Merasa tidak tahan, Acien minta balik ke rumah.
Perjalanan balik ke rumah, Acien muntah-muntah terus sampai lemas.


03.30 Sesampai di rumah, muntah lagi sampai lemas.
Acien tiba-tiba tertidur (seolah-olah sangat lelap), tapi sebenarnya sudah pingsan. Acien dibawa ke kamar tidur.


06.00
Pada pagi hari, posisi badan tidak berubah, dibangunkan tapi tidak ada respon.

07.30
Acien dibawa ke RS Deli Medan, dokter langsung minta dilakukan CT Scan di kepala. Dari hasil scan, dokter mengatakan harus secepatnya dilakukan operasi penyelamatan jiwa terhadap pembuluh darah yang pecah di otak kecil. Di mana saat itu, cairan darah yang keluar sudah menekan otak kecil sehingga membuat Acien tidak sadarkan diri. Cairan inilah yang harus dikeluarkan pada operasi dan harus dipasang selang agar tidak terjadi pendarahan lagi.

12.00 Operasi dilakukan selama 4 jam dengan membuka batok kepala

16.00 Selesai operasi, kondisi stabil tetapi tetap koma.

Hari Senin, 9 Maret 2009

08.00 Kondisi stabil, masih menggunakan nafas sendiri.

10.30 Terjadi denyut jantung yang tinggi dan nafas tidak teratur, sehingga dokter menyarankan untuk CT Scan sekali lagi.

12.00
Hasil scan didapatkan terjadi pendarahan lagi pada pembuluh darah tersebut. Selang yang dipasang tertekan oleh pembengkakan yang terjadi sehingga kesadaran menurun hingga mencapai angka 3.
Orang sadar angkanya 15.
Dokter mengharuskan dilakukan operasi yang ke-2 dengan mereposisi selang yang tertekan (hanya membuka kulit kepala).

14.30 Operasi ke-2 dilakukan dan memakan waktu 2 jam.

16.30 Hasil operasi stabil
Denyut jantung stabil, tapi kesadaran masih angka 3.
Setelah operasi ke-2, Acien harus memakai alat bantu pernafasan


Hari Selasa, 10 Maret 2009 hingga hari ini Kamis 12 Maret 2009
Kondisi Acien masih koma. Dokter mengatakan kesadarannya di angka 4.

Yang bersangkutan baru saja menikah lebih kurang 3 bulan. Untuk menghubungi keluarga korban Soni (suami) di 0819848498 atau 061 77716495 . Demikian info ini disampaikan, mohon kiranya berita ini dapat diteruskan agar para donatur dan dermawan dapat mendapat info tersebut hingga dapat meringankan tangan serta memanjatkan doa untuk kesembuhan pasien.
Bagi teman-teman yang mau bantu biaya perobatan dari A Cien, bisa transfer ke rekening a.n Netty di Danamon cabang Putri Hijau dengan nomor rekening 46913570. Netty ini adiknya Sonny.

********************************************

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya