17 February 2009

Free WiFi yang tak selalu gratis di kota Medan


Akhir-akhir ini saya lagi demam mencari tempat nongkrongan yang bisa ber-wifi ria. Mencari tempat seperti ini di kota Medan sebenarnya tidak begitu susah jika sering-sering berkeliling kota, abis sambil lewat banyak kita jumpai tempat makan atau hotel yang didepannya dipasang papan bertuliskan 'Area Wifi' atau semacamnya gitu lar. Saya kepikiran pertama kali itu tempat yang asyik ber-wifi ria adalah di Tong's. Di depannya memang ada papan bertuliskan 'Telkomsel HotSpot'. Begitu duduk rapi dan memesan makanan, ku coba tanyakan tentang wifi ini. Tetapi saya agak sedikit terkejut begitu pelayannya bilang mesti membeli voucher terlebih dahulu untuk berwifi ini. Dengan kata lain tidak gratis tuh wifinya. Berarti selama ini asumsi guenya tentang wifi yang selalu gratis mesti segera di buang jauh-jauh. Asumsi saya cukup beralasan yakni wifi ini seharusnya merupakan fasilitas gratis yang diberikan pihak restoran agar pengunjung betah berlama-lama di restoran sehingga makanan-minuman yang dipesan juga akan semakin banyak dan ujung-ujungnya pihak restoran bakal diuntungkan dengan fasilitas wifi ini. Saya pun pada saat itu tak jadi deh menggunakan wi-fi di Tong's. Lalu semalam saya coba ke merdeka walk, tempat ini sudah sejak lama saya tahu ada disediakan wi-fi gratis. Dan memang ada dituliskan 'WaiFai Gratis' di dekat jalan masuk ke merdeka walk ini. Nah dalam hati saya pikir saya tak salah lagi, ini tempatnya udah cocok, gratisnya benar-benar udah tertera di papan itu. Saya pun memilih pizza hut sebagai tempat nongkrongan sambil melampiaskan nafsu berwifi yang tak kesampaian ini. Setelah ku coba akses internetnya muncul website XL yang meminta Username dan Password. Ku tanyakan lah ke pelayannya tentang wifi ini.

Gue : 'Mbak disini bisa berwifi kan?'
Pelayan : ' Oh bisa bang?! '
Gue : 'Tapi saya diminta Username dan Password gitu?'
Pelayan : ' Apa bang...maksudnya? '
Gue : ' Ini neh....diminta passwordnya gitu lho? ' ( sambil memperlihatkan layar komputer ke pelayannya )
Pelayan : ' Oh abang langsung coba minta ke counter XL-nya sebelah sana! '
Gue : 'Dekat mana tuh? '
Pelayan : 'Abang tinggal jalan ke sana dan minta deh passwordnya! ' ( sambil menunjuk ke suatu arah )

Oh alangkah tidak nyamannya pikirku dalam hati. Untuk berwifi ini saya mesti lapor dulu ke counter XL-nya terlebih dahulu. Dengan setengah terpaksa, ku coba lar menuruti saran pelayan Pizza Hutnya. Setelah sampai di counter XL -nya, kutanyakan ke orang yang jaga counternya.

Gue : 'Mbak, saya mau berwifi ini, gimana ya caranya? '
Orang XL : ' Oh .... abang ada menggunakan kartu XL? '
Gue : ' Oh tidak mbak, gue tidak pake kartu XL! '
Orang XL : ' Kalo gitu abang coba beli kartu perdana XL-nya, seharga Rp.5000.'
'Yah terserah kartunya mau di apain, mau dikasih kembali ke saya juga boleh'

Waduh, ini namanya pemaksaan terselubung neh, dipaksa beli kartu XL baru bisa berwifi. Berarti ini sama saja guenya nyewa wifi ini seharga Rp.5000. Yah lumayan murah deh pikirku untuk berinternet semalam suntuk di sini. Lantas ku beli tuh kartu perdana, sambil mikirin mau diapain tuh kartu. Orang XL-nya lalu memprint selembar kertas kecil yang berisikan Username dan Password agar bisa berwifi ini. Setelah memasukkan tuh username dan password, akhirnya ku bisa memakai fasilitas wifi ini tanpa hambatan lagi. Sambil browsing, ku perhatikan kembali kertas yang di print oleh Orang XL tadi, ternyata disana tertera bahwa guenya hanya bisa menggunakan wifi ini hanya selama 1 jam. Oh la la, Rp.5000 untuk maen internet selama 1 jam. Lebih mahal dari sewa internet di warnet. :-) Tak ada yang benar-benar gratis di medan ini. Dan memang setelah 1 jam lebih gitu gue berinternet, koneksinya otomatis terputus. Gue akhirnya pulang dengan sedikit kekecewaan di hati. Oh dimanakah tempat di medan ini yang benar-benar ada wifi gratisnya...? hahahahaha......

8 comments:

  1. Di Singapore ada yang gratis wifinya.. ada 2 jenis..
    1. Wireless@SG: ini fasilitas yg disediakan oleh pemerintah Singapura. Untuk memakainya mmg perlu account dan password. Tetapi, kita disuruh untuk registrasi dengan menggunakan nomor paspor dll dan account kita bakal aktif untuk 3 tahun. Kekurangan dari fasilitas ini adalah jika anda idle di internet selama batas waktu tertentu, maka koneksi akan diputus dan anda harus login kembali. Haha! Dan lmyn lambat kecepatannya.
    2. Wifi di HDB/apartment. Biasanya kalo duduk di park di apartment2 atau HDB. kita bisa nangkap signal2 aneh yang menyediakan fasilitas internet gratis. tinggal connect dan mainkan. haha! biasanya kalo signal gini, ini kecepatannya luar biasa. hehe.

    peace

    ReplyDelete
  2. Numpang tanya pak Vixklen, jadinya kalo di cafe-cafe itu biasanya ada disedain juga tak wifi gratisnya?

    ReplyDelete
  3. waduh.. sabar ya bang.. mudah2an ada yang bener2 gratis :)

    ~smile4u~

    ReplyDelete
  4. Emang makin banyak aja cafe/resto yg nyediain free-wifi. Btw, coba aja di gelato. :D

    ReplyDelete
  5. Ada bang:

    1. Di USU. Di USU pintu 1, perpustakaan USU atau di MIPA bisa mengakses WiFi gratis.

    2. Di cafe dr. mansyur namanya warung Coklat. Pesan minum atau makan aja, ntar minta passwordnya sama pelayannya.

    3. Di Medan Fair Plaza Lantai atas (foodcourt). Pesan minum aja trus minta password sama pelayannya.

    4. Di SLC (Speedy Learning Centre) di Jl. Mongonsidi. Sama juga, mas beli minum atau beli pulsa di warungnya, ntar dikasih passwordnya.

    Ntar deh saya buat daftar WiFi gratis di kota medan di blog saya. ^_^ (ya.. gak gratis 100% juga sih soalnya harus beli makan/minum dulu).

    ReplyDelete
  6. HAhahahah .,..

    Nama nya Medan lar,,

    depan rumah w ada koneksi gratis ...
    Full Free Wifi karena ada sinyal bocor,,

    bahkan aku bisa download 500MB dalam waktu 15 menit dikala malam hari ...

    HEHheheheeh ....

    ReplyDelete
  7. di RSU Pirngadi ada Wifi gratis gan tinggal datang aja ke loby depan informasi...cuman agan hrs rela than berdiri krna gk ada disediain tempat duduk

    ReplyDelete
  8. mmng susah nyari gratis di medan .tpi klaw dia aceh warung2 a wifi a gratis rnpa user2

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya