31 January 2010

Laptopku Bermasalah


Semua berawal dari keisenganku untuk mengunduh keygen-nya software Cyberlink Power DVD. Ku tanya ama mas google, dan beliaupun memberikan beberapa alamat. Setelah itu ku unduhlah file yang kuinginkan tersebut.

Filenya bernama Keygen.exe. Untuk file sejenis ini ku selalu scan dengan antivirusku. Hasilnya aman untuk dijalankan. Tapi apa lacur, begitu ku klik dua kali file ini, tidak ada keluar program yang kuinginkan, dan malahan filenya hilang begitu saja setelah dieksekusi. Lah, lho, oh, no, ini pasti ada yang tak beres pikirku. Alhasil memang laptopku bergejala aneh.

Gue scan full dengan Antivir tapi nihil hasilnya. Ku keluarkanlah CD Antivir untuk ngescan virus dari luar windows punya. Terdeteksi file system yang bernama atapi.sys telah terjangkit virus. Tapi Antivir tak mampu hilangkan virusnya dari file, hanya diganti namanya doank. Dan tah...dah...begitu restart ulang, Windowsnya tak mau booting. Yah gue telah berhasil hilangkan salah satu file penting untuk Windows. Laptopku akhirnya asyik restart sendiri begitu mau masuk Windows-nya.
Oh apa yang harus kulakukan? Karena malam udah larut, ku putuskan untuk menyerahkan masalah ini ke profesional besok paginya.

Lalu karena masih penasaran, paginya ku utak-atik lagi neh laptop. Ku coba repair Windows-ku dengan CD Instalasinya. Kebetulan ada pilihan repair-nya pake recovery console. Dengan memakai program ini ku ganti balik nama filenya atapi.sys. Syukurlah Windows-nya kembali bisa booting kembali. Senangnya hati ini.

Tapi cerita belon berakhir, saudara-saudara!. Monitornya giliran berpenampilan berbeda. Warnanya kurang pas gitu. Setelah di cek di control panel, dinyatakan monitornya tidak terdeteksi alias drivernya bermasalah. Ku hapus drivernya dan kembali restart Windowsnya. Oke, ternyata ini membuat Windows mengenali kembali monitornya. hehehe....
Tetaaapii....setelah direstart, monitornya kembali bermasalah. Waduh, stress berat guenya. Kesimpulan guenya ada file systemnya memang udah dirusaki ama virusnya atau ama antivirusnya sendiri. Udah deh, akhirnya gue install ulang windowsnya. Dan .... dan .... stresku berakhir sudah. Untuk sementara semuanya kembali ke keadaan sempurna. Semoga saja. Monitornya kembali kinclong, virus udah tidak ada lagi. Thanks, God! :-)

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya