12 April 2009

Sang Wo `Si Chuan Ma La Huo Guo`


Ada tempat makan Sang Wo yang baru di Merdeka Walk. Namanya Si Chuan Ma La Huo Guo. Yang artinya kira-kira Sang Wo Pedas Kebas Si Chuan ( semoga benar terjemahannya.... ). Uniknya kita harus terlebih dahulu memilih bahan-bahan yang inginkan terlebih dahulu seperti sayuran dan daging Sang Wo-nya. Ada tersedia dua macam kuahnya yakni kuah putih biasa dan satunya kuah merah yang pedas kebas. Kuah merah ini memang pedas rasanya dan begitu kena di lidah terasa kebas. Tak begitu menarik menurut guenya neh kuah.


Menurut pengamatan saya, karena baru di buka, ada sedikit kekacauan terjadi disini. Kalo di medan, istilah 'teh tong' kan mestinya teh panas tak ada gula, tapi di sungguhin teh dingin tak ada gula oleh pelayannya. Lalu sosisnya lupa di buang plastik selubung luarnya, jadinya begitu pas mau dimakan baru ketahuan masih ada plastiknya. Dan sosis ini udah sempat direndam dalam kuah panas pula.

Sesaat sebelum selesai makan, meja saya di dekati ama kokinya. Kebetulan sekali kokinya ini fasih benar berbahasa mandarin dan guenya sangat tak fasih. Kemungkinan besar kokinya ini di import dari Si Chuan sana. Koki ini terus mengeluarkan bahasa yang tak ku mengerti yang akhirnya pemilik restoran menyelamatkan saya. Pemiliknya ini menerjemahkan ocehan koki ini kepadaku. Isinya kira-kira menanyakan tentang enak atau tidaknya Sang Wo-nya. Lalu katanya bahan-bahan untuk pembuatan kuah merah itu di import langsung dari Tiongkok dan sangat diminati di sana.

Dan soal harga, restoran ini boleh dibilang mahal. Kuahnya saja mesti di hargai Rp.25000. Emang bisa ya makan Sang Wo tanpa kuah?. Secara total guenya mesti bayar sekitar Rp.100 ribu dengan Sang Wonya berisi Brokoli, Cumi, Sosis Ayam, Bakso Kepiting, Sawi Putih, ditambah Nasi Putih dan minum Teh.

13 comments:

  1. se, ntar kalo w ud di Medan, ajak w kesana ya.. XD

    ReplyDelete
  2. oh...bisa di atur itu...:-)

    ReplyDelete
  3. wahahaha, lucu banget yg fasih dan tak fasih itu se.. ngakak gw.. XD

    ReplyDelete
  4. HAHAHHAA... si sg banyak lohh. tapi harganya hampir sama. $18/person.

    ReplyDelete
  5. @Rud : eh bang rudi, memang sih kayaknya di awal-awal ada ditanyain kalo guenya bisa ngerti bahasa mandarin atau tidak, cuman lantaran gue balas dengan tatapan kosong, dianya langsung artikan 'bisa'. Yah udah terus ngerocos dianya...hehehe...mungkin dia liat muka gue (mata cipit, botak lagi, kulit putih mulus) kek dari Tiongkok sana...tapi tak taunya Indonesia tulen..:-P

    @cowklate89: iya sih...memang di medan lumayan banyak tempat makan Sang Wo...tapi yang ngaku-ngaku Sang Wonya dari negeri Cina sana cuman ini kayaknya...Si Chuan...`ciak kau chuan` :-)

    ReplyDelete
  6. jawab dgn tatapan kosong....... XD

    ReplyDelete
  7. haha klo itu sih sini mah menjamur..dmna2 jg banyak se..ga gitu mhl jg..hehehehe

    ReplyDelete
  8. oh iya ya...ngomong ngomong elonya di china bagian mana ya? GuangZhou ya...kalo tak salah herlin? dekat tak ama SiChuan?

    ReplyDelete
  9. iya di guangzhou se..
    ehh.ga terlalu deket sih yaa..haha

    ReplyDelete
  10. si chuan?? wa dah pernah kesana..
    enak tuh makananany...
    menurut wa sich disana lbh murah daripada tempat makan sangwo laennya... hohoho!!
    lgan unik bgt kuahnya merah2 pedas,yummy...

    ReplyDelete
  11. iya mungkin itu lar ciri khas sang wo dari sana kale ya...pedas dan terasa kebas di lidah...

    ReplyDelete
  12. Kelvianto Luhur5/05/2009 11:47 PM

    maknyus..
    buet yg cocok pati ketagihan d..

    buet yg blom perna cobain,
    gw saranin coba d..
    uenaakk ee

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya