28 January 2009

Maha Vihara Maitreya - Cemara Asri Medan

Nampak depan Maha Vihara Maitreya - Medan

Maha Vihara Maitreya yang diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2008 lalu baru kali ini saya kunjungi tepatnya hari kedua Imlek. Sebenarnya tujuan utama ingin melakukan olahraga renang di Komplek Perumahan Cemara Asri, tetapi apa daya kolam renangnya ternyata lagi di renovasi. Ini juga merupakan pengumuman bagi yang suka ke sana agar segera merubah tujuan ke tempat lain jika ingin berenang. :-)
Ternyata jalan masuk ke Vihara besar ini dekat dengan kolam renangnya alias di pinggir lapangan tempat maen go kart. Pertama kirain bakal memutar entah darimana gitu. Dari kejauhan sebenarnya dah nampak tuh vihara yang megah ini. Kabarnya vihara ini yang terbesar di Asia Tenggara ( Ini kalo tak salah informasinya ). Ada yang aneh juga menurut saya, kabarnya Michael ( Kuang Liang ) bakal konser di samping vihara ini. Ceritanya begini neh, ada 3 gedung besar di vihara ini. Salah satunya ini dijadikan tempat konser atau semacamnya, intinya dipakai untuk acara umum gitulah.

Ada pohon Angpao yang bertuliskan doa-doa umat yang berkunjung

Saya tak bisa bayangkan jika acara konser Kuang Liang ini bersamaan dengan acara kebaktian Viharanya, bakalan ramai deh. Satunya bersembahyang dengan khusyuk, yang lainnya berteriak dengan histeris. Tetapi saya kira tak mungkin terjadi seperti itu deh. :-)

Ruangan kebaktian Maha Vihara Maitreya

Bagian interior viharanya terlihat sederhana, lapang, dan sejuk. Disisi kiri vihara terlihat kolam dengan patung Dewi Kuan Yim. Ada patung-patung naga saling berhadapan di sisi kiri dan kanan patung Dewi Kuan Yim. Terasa tenang dan nyaman berada di sekitar kolam ini. Ikan-ikan koi yang besar-besar berenang bebas di kolam ini.

Kolam Nan Asri dan Tenang

Kebetulan ada kegiatan penyalaan lilin-lilin di vihara ini. Saya pun menanyakan bagaimana prosesnya jikalau ingin menyalakan lilin kepada relawan viharanya. Prosesnya mudah, tinggal menyumbang seikhlasnya, lalu ada stiker-stiker berisi doa-doa yang ingin dipanjatkan, kemudian tuliskan nama kita, yah tinggal dinyalakan lilinnya dan tempatkan di depan altar.

Lilin dan Doa-Doa-nya. Mau pilih mana? Semoga mendapatkan jodoh yang baik?

Nah di sisi kanan gedung ada toko yang menjual souvenir dan patung-patung. Untuk ini saya hanya melihat-lihat saja tanpa membeli. Ada souvenir yang berbentuk replika kecil bangunan vihara ini. Ini cocok bagi yang ingin memberikan oleh-oleh kepada temen sebagai kenang-kenangan telah mengunjungi vihara.

Souvenir yang bisa di bawa pulang dengan tentunya hubungi kasir dahulu. :-)

Cukup sekian dulu ceritanya, dan karena masih dalam suasana Imlek, tak lupa saya ucapkan 'Qong Xi Fa Chai, Xin Nien Khuai Lek, Nien Nien Yu Yi' bagi yang merayakannya.

NB:
Maha Vihara Maitreya
Jl. Cemara Boulevard Utara no. 99-S
Komplek Perumahan Cemara Asri
Telp. 061-6633300 (Hunting) Fax. 6634432
Email : mvmmedan@yahoo.com
Medan 20371 - Sumatera Utara - Indonesia

16 comments:

  1. Viharanya menarik sekali... gw belom pernah masuk ke vihara. apa boleh masuk melihat2? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. kmrn tu saya dari sana, untuk melihat dan juga foto2 disana pun bisa. tpi jika mau masuk kesana harus melepas sendal. :-)

      Delete
  2. seharusnya boleh lar kalo mau masuk sekedar lihat-lihat abis biasanya pas masuk vihara tak disuruh perlihatkan KTP atau kartu pengenal diri lainnya kok :-)

    ReplyDelete
  3. Kalo lagi imlek, cap go meh, atau hari besar agama biasanya ramai sekali .
    Sekarang sdh dicanangkan sebagai tempat wisata religi oleh bapak gubernur sumatera utara.

    ReplyDelete
  4. iya tuh, cuman yang buat penasaran guenya sampai saat ini, gedung yang buat konser itu lho, belon sempat liat ke dalam guenya liat liat... :-)

    ReplyDelete
  5. met mlm bro..
    senang banget bisa tau tentang viharanya
    ku cuma 1 thn sekali bisa pulang medan, dan berdoa di sana.

    thx atas liputannya.

    liput donk semua vihara yg ada d medan, juga Kuan Te Kong di jl. irian barat.

    ReplyDelete
  6. seneng juga arichi bisa mendapatkan manfaat dari postingannya, semoga ke depan bisa gue postingkan vihara-vihara yang laennya, salam damai... :-)

    ReplyDelete
  7. Halo, salam kenal,
    just want to drop a few lines of info ;)

    Konser Guang Liang di adakan di Sky Convention Hall, lantai 3 sayap kanan gedung. Hall itu dapat di sewakan untuk berbagai keperluan. Barusan 22 Mei 09 semalam, di langsungkan acara pernikahan pertama di hall itu juga! ;D Selamat ya kepada pasangan pengantinnya!

    Tiap sabtu malam, banyak pengunjung yang berdatangan dari sore sampai malam. Ada yang bersembahyang, makan di Teko Healthy Resto, mengikuti kegiatan vihara atau sekedar menikmati suasana di kolam Koi.

    Kebetulan saya adalah 'pengunjung reguler', bila Johan ingin info lebih banyak, mungkin saya bisa membantu. ;p

    Salam,
    Andre Yue

    P.S. I'm not an employee of MVM, just a fan. ;)

    ReplyDelete
  8. Bos..blognya keren.btw,buat blog yang menulis tentang vihara,ada nanya Thien Chuan She dolo ga?

    ReplyDelete
  9. Numpang tanya, ada ga penginapan dekat vihara cemara asri?

    ReplyDelete
  10. @Achien : gue terus terang buat postingan vihara ini tak ada nanya dulu tuh ke Thien Chuan She. Mungkin saudara Achien bisa kenalin guenya ke beliau :-)

    @Meli : seharusnya ada tuh, didalam vihara sendiri gue liat begitu banyak ruangan/kamar gitu. Coba di hubungi langsung pihak viharanya di nomor telepon diatas, semoga mereka bisa membantu.

    ReplyDelete
  11. Ketika memasuki vihara ini,saya sngt merasakan ketenangan dan kenyamanan yg luar biasa,kalo sy sedang tdk enak hati,suntuk ato stress,saya slalu dtg kemari tuk berdoa dan memohon petunjuk,setelah itu hati saya lega bngt.

    ReplyDelete
  12. Kemarin baru berkunjung kesana :-)
    Kesan pertama bangunan benar2 besar dan mewah sesuai gambar, bahkan aslinya lebih bagus. Sekarang sisi kiri vihara sudah lebih hijau karena tanaman bunganya sudah lebih besar hehehe. Sempat mngambil foto di area sembahyang namun kemudian kena tegur karena memang dilarang untuk ambil foto. Yg menarik adalah pintu utama vihara ini menghadap ke Barat dan ada beberapa pengunjung yg sembahyang bukan didalam vihara namun di teras vihara dan menghadap ke Matahari (ke arah Barat). Bisa di bantu bro apa bedanya sembahyang di dalam (menghadap patung sang Budha) dan di teras dan menghadap ke Barat? Tks untuk postingan dan jawabannya.
    Keep blogging :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maklum, gue juga kurang tahu ya perbedaan sembahyang menghadap teras dengan barat :-). Mungkin ada temen-temen yang bisa bantu?

      Delete
    2. Untuk sembahayang yang diteras adalah penghormatan kepada tuhan yang maha esa..
      yang didalam untuk penghormatan kepada sang buddha, kwan te kong,....

      semoga bisa dimengerti...

      Delete

Kasih Donk Komentarnya