19 August 2010

WolframAlpha

Sekarang ini informasi apapun yang ingin kita cari hampir semuanya ( kalo tidak mau dibilang semuanya ) tersedia di internet. Hanya tinggal ketik beberapa keyword di google , berpuluh-puluh halaman website pun tersedia. Masalahnya , sanking banyaknya sulit bagi kita untuk mencari yang pas buat kita. Terkadang informasi yang disediakan terlampau banyak, sehingga menyulitkan kita untuk mencari bagian informasi yang kita benar-benar perlukan.

Nah disini akan saya bagikan satu website yang menurut saya begitu pas buat saya dan harapnya buat pembaca sekalian juga. Nama nya WolframAlpha.

Sesuai motonya ' Computational Knowledge Engine ' , dengan website ini apapun yang ingin anda ketahui tinggal ketik dan semoga informasi yang anda harapkan akan muncul. Tinggal ketik saja ' 6000 acres in sq miles' maka hasil konversi panjang pun akan muncul. Atau ketik ' US President 1923' , ataupun nama saham seperti ' IBM , Apple', ataupun not balok seperti 'C D E' dan sebagainya. Informasi-informasi itupun akan ditampilkan dengan format yang rapi dan sederhana. Mungkin informasi seperti ini tersedia juga di website lain seperti Wikipedia dan sebagainya, tetapi saya yakin WolframAlpha lebih singkat dan tepat menuju sasaran ( mirip iklan di TV aja ya ). hehehehehe....

Dan dari semua informasi yang bisa disajikan, informasi berikut ini yang paling membuat gue jatuh hati ama website ini. Cukup ketikkan misalnya ' x^2 + 3x - 5 ', maka akan muncul grafik fungsi ini, turunan fungsi, integral fungsi, nilai max/min, ataupun akar-akar dari fungsi ini. Sangat membantu sekali bagi yang ingin membagi ilmu matematikanya. Dan yang paling canggih lagi, website ini pun bisa menunjukkan cara-cara ( show steps ) untuk menyelesaikan turunan fungsi ataupun integral fungsi tersebut diatas.
Selamat mencoba ! :-D

1 comment:

  1. wah ... bener bener sakti tuh website nya.. nice inpoh gan ...!!!!! =D

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya