17 August 2010

Pindah Isi Contact dari hape Sony Ericsson ke Nokia

Salah satu pertimbangan saya pada saat membeli hape baru adalah pemindahan 'contact' dari hape lama. Oleh karenanya saya selalu berusaha membeli hape baru dengan merek yang sama, dalam hal ini adalah Sony Ericsson. Ini memudahkan saya sehingga tak perlu mengetik ulang semua isi kontak di hape lama. Tinggal memakai PC Suite dari SE, maka urusan pindah memindah ini pun menjadi gampang.

Nah berhubung barusan membeli hape nokia c3-00, maka sekarang yang bikin pusing adalah bagaimana memindahkan isi contact dari hp Sony Ericsson ke hp Nokia. Perburuan informasi pun dilakukan dengan bang Google. Akhirnya saya temukan caranya dari sekian banyak yang di ajari.Disini akan saya bagikan caranya.

Pertama-tama anda harus mengunduh suatu program kecil tapi luar biasa gunanya. Namanya VCF Splitter. Program ini bisa didownload di http://www.suppcom.cz/data/vCardSplit.zip .
Sebagaimana kita ketahui Sony Ericsson menyimpan file contactnya dalam bentuk 'list vcf' yang artinya semua isi contact digabung menjadi satu file vcf. Jadinya jika file ini di baca oleh Microsoft Outlook atau Nokia PC Suite anda, maka hanya muncul satu contact yang disimpan paling awal. Itupun hanya nomor hapenya doank tanpa nama contact-nya. Nah disini gunanya VCF Splitter agar file vcf ini di belah-belah menjadi satu vcf satu contact.

Okey, setelah mendownload program ini, siapkan kabel data ataupun bluetooth anda untuk koneksi hape ke komputer anda dan tinggal ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Pindahkan isi contact (backup isi contact) ke PC dari hape Sony Ericsoon anda dalam bentuk *.vcf dengan bantuan Sony PC Suite.
2. Buka program VCFSplitter yang telah didownload

3. Masukkan file *.vcf ini di 'Input File'
4. Pilih folder tempat output file akan disimpan
5. Tekan 'Split VCF!'
6. File Vcf yang terpisah-pisah pun akan dihasilkan ( biasanya nama filenya berupa (angka).vcf )
7. Buka program nokia pc suite
8. Import semua file *.vcf yang udah terpisah tadi ke nokia pc suite-nya
9. Sinkronisasi hape nokia anda dengan pc suite ini.
10. Isi contact pun udah berpindah dengan sempurna ke hape nokia baru anda.

Selamat mencoba!

8 comments:

  1. file kontak yang di backup biasanya tersimpan dimana? sulit nyarinya nih..

    ReplyDelete
  2. Punya guenya di mydocuments/sonyericcson/backup/

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya ni..
    gimana dari nokia pindah ke se ni??
    bisa ga?
    cari2 di google, susah ampun..

    ReplyDelete
  4. Sebelumnya mau nanya dulu, no. Contactnya udah tersimpan di microsoft outlook tak? Kalo belum coba dipindahkan dulu no.contact dari hape nokia anda ke komputer , istilahnya di sinkronisasi dahulu. Nah begitu selesai maka seharusnya pas anda buka program microsoft outlooknya, dibagian contact akan muncul contact dari hape anda. Tinggal pake pc suitenya sony, sinkronisasi ke hape barunya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  5. Klo SonEr biasanya disimpen di system trus cari nama foldernya PIM- tapi musti di back-up dulu isi kontak hape ke memory card. Cara backupnya tinggal ke menu contact trus options-advance-cari- backup to memory-trus- Setelah itu pake card reader atau cable data baca deh- copy si folder PIM ini terus ikutin langkah2 dari c abang yang di atas ini. semuga berhasil.

    ReplyDelete
  6. Wah, iseng googling dan ketemu ini
    sangat2 membantu
    terimakasih

    ReplyDelete
  7. makasih banget bro

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya