04 May 2010

Hati - hatilah dengan calo di Medan ! ( Tragedi hilangnya STNK dan KTP )

Ini bermula dari jatuh temponya Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) gue pada tanggal 2 Mei 2010. Untuk membayar pajak ini setahu gue bisa di Samsat Sun Plaza. Berangkatlah gue ke Sun Plaza. Tapi begitu sampe ke Sun, petugasnya menyarankan saya ke Medan Fair Plaza lantai 3, berhubung komputernya lagi bermasalah. Ya udah pikirku, mungkin besok saja dah gue bayarnya langsung ke Samsat pusatnya.

Nah pas esoknya gue bingung apakah Samsat itu yang di jalan putri hijau ataukah di jalan Adinegoro. Maklum selama ini sih pake biro jasa untuk ngurusnya. Setelah bertukar pendapat dengan tukang parkir, gue pun memutuskan ke Jalan Adinegoro.

Dan memang ternyata gue salah alamat, yang di jalan Adinegoro itu adalah Satlantas yang hanya bisa ngurus SIM ama surat tilang aja. Lalu muncullah seorang calo, namanya Erwin kalo tak salah eja. Dia pun menawarkan jasa untuk membayarkan PKB ku ini. Setelah tawar menawar harga, ku putuskan untuk memakai jasa calo ini berhubung malas harus ke samsat jalan Putri Hijau lagi. Ku serahkanlah STNK asli dan KTP asli kepadanya kemudian uang panjar sebesar Rp.100.000,- . Lalu dia minta juga BPKB asli ( buku hitam ). Berhubung saya tidak membawanya, dia pun berpesan agar besok pagi jam 10.00 saya bisa kembali ke sana untuk menyerahkan buku hitam ini.

Keesokan hari sesuai janji, gue kesana. Nah disini lar jantungku berdegup kencang, berhubung calo yang namanya Erwin dari tadi tak nampak batang hidungnya menurut informasi yang kudapat. Ku telepon hape dianya berulang-ulang, tak ada respon sama sekali. Dari sini, ku menyadari kalo guenya telah di tipu oleh oknum calo di Satlantas Adinegoro. Yang paling menyakitkan hati adalah bukan hilangnya uang gue yang Rp. 100.000 tapi raibnya STNK asli ama KTP asli guenya. Yang mana urus kedua surat ini saya yakin bukan perkara gampang di negeri tercinta ini.

Tetapi tetap ku berpikiran positif, mungkin dianya lagi ada masalah kupikir dalam hati. Setelah 4 hari penantian, tetap tak ada kabar sama sekali. Udah saatnya saya harus merelakan surat dan uangku hilang di calo ini. Di saat saya sudah ingin membuat STNK dan SIM yang baru, tiba-tiba saya mendapat panggilan dari salah satu calo di sana. Memang sebelumnya udah saya minta tolong ke calo lain agar bisa menghubungi saya kalo ada kabar terbaru tentang SIM dan STNK ku ini. Kata calo lain ini kalo STNK ama SIM gue udah di ketemukan. Akhirnya tak jadi gue buat SIM dan STNK baru walaupun harus stress berhari-hari. Banyak yang bisa ku pelajari dari pengalaman buruk ini. Cuman satu yang bisa kupesan untuk pembaca sekalian, bagusan membayar Pajak Kenderaan Bermotor langsung saja tak perlu pake calo-calo segala. Sekarang sudah banyak Samsat Corner di plaza-plaza seperti Sun Plaza dan Medan Fair. Walaupun memakai calo, pastikan bisa di percaya kredibilatasnya. Untuk tata cara pembayaran PKB di Samsat Corner Medan Fair Plaza akan saya bahas di postingan berikutnya. Salam Hangat!.

4 comments:

  1. wah, jadi akhirnya ketemu ya se? XD

    ReplyDelete
  2. iya ketemunya juga memerlukan perjuangan panjang, di bola sana-sini, tapi syukurlah semua berakhir indah....:-p

    ReplyDelete
  3. bisa minta info untuk biro jasa stnk dan bbn mobil di medan? thx

    ReplyDelete
  4. bisa minta info kontak untukl biro jasa stnk dan bbn mobil di medan? thx

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya