04 May 2010

Prosedur Pembayaran Pajak Kenderaan Bermotor (PKB) di Samsat Corner Medan Fair Lantai 3

Baru saya tahu kalo Samsat corner udah ada di Medan Fair Plaza selain di Sun Plaza di kota Medan. Ini sangat memudahkan bagi yang ingin membayar Pajak Kenderaan Bermotor-nya (PKB) atau kadang-kadang di sebut memperpanjang STNK. Berikut akan saya bagikan informasi mengenai tata cara pembayaran PKB di Samsat Corner Medan Fair Plaza.

Yang perlu di bawa adalah :
1. KTP asli
2. STNK asli
3. BPKB asli ( atau kadang diistilahkan buku hitam )
4. Orang asli ( maksudnya tak bisa di wakili bayarnya )

Begitu tiba di Samsat Corner, langsung saja ambil nomor antrian dengan memijit tombol di counter yang tersedia. Tunggulah sampai di panggil nomor antrian anda. Begitu di panggil, cukup serahkan saja surat-surat diatas. Tak perlu pake kopi-kopian segala. Tunggu sekitar 10 menit maka pajak anda sudah terbayarkan. Begitu mudah dan praktis.

Di Samsat corner ini tidak ditemukan calo-calo. Para wajib pajak di haruskan membayar sendiri pajaknya. Samsat Corner di Medan Fair menurut kertas yang tertempel bukanya sampe jam 8 malam. Saya sempat ke Samsat yang di jalan Putri Hijau. Mohon di perhatikan, disana pegawainya hanya kerja sampai jam 2 sore saja. Jangan tanya ke saya setelah jam 2 sore , pegawainya ngapain saja. Heran juga gue, di Samsat pembantu seperti di Medan Fair bukanya lebih lama dari Samsat pusat di Putri Hijau. Mungkin ada rekan-rekan yang bisa membantu memberikan jawaban atas keheranan saya ini.

Kalo tak mau antri lama pas bayar di Samsat corner Medan Fair, bayarlah pada pagi hari. Kabarnya tidak begitu banyak yang bayar. Itu hanyalah informasi dari temen gue. Silahkan dicoba!

Oh iya...gue mau berbagi juga singkatan yang bakal anda temukan di slip Pajak Kenderaan Bermotor anda. Saya heran kenapa semua disingkat tetapi tanpa penjelasan lebih lanjut. Ini singkatannya pun saya ketahui setelah google sana sini.

PKB = Pajak Kenderaan Bermotor
SWDKLLJ = Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan
BBN = Bea Balik Nama
TNKB = Tanda Nomor Kenderaan Bermotor

15 comments:

  1. wah sama juga tuh syaratnya di samsat sleman.,

    ReplyDelete
  2. Kenapa kok mau bayar pajak truk yang plat kuning,banyak kali syaratnya,dan apa saja kira_kira? Trims!

    ReplyDelete
  3. Saya mau tanya,adakah biaya adm lain selain biaya adm yg tertera di stnk dalam hal bbnkb,bayar pajak,rubah sifat,dll. Jumlah yg diminta petugasnya lumayan besar lho...!!!! Hampir tiga kali lipat dari yg tertera di stnk! Hebat! Bisa cepat kaya donk petugas nya"

    ReplyDelete
  4. Setahu saya apa yang tertera di struknya, itulah yang harus dibayar

    ReplyDelete
  5. gan taukah, selama bulan ramadhan ini ada kah perubahan jadwal buka samsat corner medan? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Wah, kebetulan tidak tahu pula, mungkin bisa langsung telepon kesana aja

    ReplyDelete
  7. kalau balik nama bisa gak ya di samsat corner?

    ReplyDelete
  8. Ada yang tahu ndak Jasa pengurusan STNK yang dipercaya utk Medan, karena motor saya motor BSA, tapi posisi di Bali

    ReplyDelete
  9. saya mau tanya nih?? bisa ngk ya bayar PKB di samsat corner medan fair flaza yang dari luar daerah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yang sama, bisa ga ya yg dari perbaungan dan bisa ga bayar di samsat corner jika alamat ktp dan stnk beda?

      Delete
    2. Hari sabtu buka gag ya di Mall

      Delete
  10. Bisa gan kalau sekarang, udah pernaah coba aku gan. sabtu minggu kayaknya buka kok.

    ReplyDelete
  11. Kalau lh pemilik motor tidak bisa hadir, namun ortu kita yg akan memperpanjang dngan membawa stnk dan ktp asli si pemililk bisa ga tu yaa?

    ReplyDelete
  12. selamat siang mau tanya nih gimana caranya untuk mengecek keabsahan suatu kendaraan bermotor jika saya ingin membeli kendaraan dari kota medan sedangkan saya dijakarta mohon informasi terima kasih

    ReplyDelete
  13. Misalkan kalo motor dr binjai apakah bs bayar pajak di plaza medan fair?

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya