31 March 2010

Rubik berlubang di tengah ( Void Cube ) dan masalahnya ( Parity Error )

Saya anggap anda telah mengetahui cara menyelesaikan Rubik 3x3 sebelumnya. Bagi yang belum bisa silahkan intip-intip disini.
Kali ini saya ingin bagikan trik untuk menyelesaikan rubik 3x3 tetapi yang ada lubang ditengahnya. Ini neh gambar rubiknya.

Void Cube

Untuk menyelesaikannya saya tetap menggunakan cara seperti diatas, alias lapis demi lapis.
Kalau beruntung, anda seharusnya bisa menyelesaikannya tanpa masalah. Saya sebut anda beruntung karena kebanyakan pada saat menyelesaikan lapis terakhir, anda akan menjumpai letak 2 posisi anak rubik terbalik seperti gambar di bawah ini. Ini tak bisa diselesaikan dengan menggunakan algoritma standar untuk rubik yang 'normal' ( tak ada lubang ditengah ).

Void Cube dengan Parity Error ( merah dan putih tertukar posisi )

Awalnya saya berasumsi bang google bisa membantu untuk memecahkan masalah ini. Saya cari dan mencari tetapi tidak ketemu yang berhubung kata kunci pencariannya tidak begitu mengena untuk jenis masalahku ini.
Setelah berbulan-bulan menyerah, akhirnya tak sengaja kutemukan caranya berkat bang google juga. Kata kuncinya ' void cube parity error ' untuk masalah seperti ini. Lumayan banyak cara yang tersedia, tetapi akan saya bagikan saja yang paling mudah tanpa perlu menghapal algoritma yang baru.

Putar lapis tengah ke kiri ( atau ke kanan )

Untuk menyelesaikan bagian terakhir ini, anda hanya perlu memutar lapis tengah rubik anda ke kiri atau ke kanan. Jadi terserah anda, boleh ke kiri atau ke kanan tapi ingat hanya 90 derajat saja. Setelah itu selesaikanlah rubik tersebut dengan algoritma standar yang telah anda ketahui. Dan pada saat mengerjakan lapis terakhir, tidak akan dijumpai masalah itu lagi. Selamat mencoba!.

Setelah di putar 90 derajat seperti ini, tinggal selesaikan kembali

16 comments:

  1. makasih bget bro,akhirnya ktemu jga caranya sampek stres carinya.hehe

    ReplyDelete
  2. Yah...sama-sama bang...itulah gunanya blog ini...:-)

    ReplyDelete
  3. bro algoritma standar yg ente pake ape ya ? ane kok kg bisa ?

    ReplyDelete
  4. perlu diperjelas lagi anda tak bisanya dibagian mana? Kalo hanya untuk menyelesaikan masalah 2 anak rubik yang terbalik cukup dari bagian tengah, algoritma standarnya ada di http://www.youcandothecube.com/secret-unlocked/solution-stage-four.aspx

    ReplyDelete
  5. aduh makasih banget sya jdi bisa void cube,klo sya ada masalah lgi boleh minta saran yah....makasih

    ReplyDelete
  6. Iya boleh aja mas Anonymous! Selamat ya udah bisa mengatasi void Cube

    ReplyDelete
  7. Thanks ya. Saya gak hrs ngapalin algoritma baru dengan cara ini, meskipun langkahnya lebih panjang. Kalo yg Fisher Cube punya tips yg sederhana gak buat parity errornya?

    ReplyDelete
  8. serius saya msh bingung, merasa jd org paling bego sedunia... Meskipun sdh digeser 1/4 putaran knp yg saya ga jadi2 ya?

    alogaritma terakhir itu yg 13 langkah (R U2 R' U' dst) atau yg 10 langkah (F2 U L R' dst) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kasusnya sama dg saya, tdk bisa2 meskipun dulang2,
      rumus sy adalah F2 U L R' F2 L' R U F2
      tdk bisa juga.

      Delete
  9. makasih atas petunjuknya

    ReplyDelete
  10. wah.. ru ja aq mw cri solusi, lgsg ketemu,. mksh ya.. jd tmbh seru nih mainnya...

    ReplyDelete
  11. Apa rmsx sm ky 3x3 bro

    ReplyDelete
  12. Klo tutorialx dmn bro linkx

    ReplyDelete
  13. Soal tutorial bertaburan diinternet...coba di google aja dengan kata kunci 'void cube'

    ReplyDelete
  14. Bs jg kok klau ptr 90 drjt lps bwhx:D

    ReplyDelete
  15. rumusnya apa kalau bentuknya tank dua seperti di atas

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya