29 December 2009

Postingan akhir tahun

Ini postingan gue buat pas lagi suntuk nungguin. Kebetulan ini lagi didekat rumah makan yang mana meja makannya sampai disusun ke samping jalan. Dari sini saya bisa dengar pembicaraan satu keluarga yang lagi ngomong pake bahasa 'khek'. Bahasa ini biasa dipakai oleh orang cina keturunan ditempat kelahiran saya di banda aceh. Perasaannya lagì dikampung halaman kalo dengerin org-org ini ngomong pake bahasa itu. Jadi teringat puluhan tahun yg lalu pada saat pertama kali menjejakkan kaki ke kota medan yg mana kebanyakan ngomong pake bahasa 'hokkian'. Perlu beberapa tahun bagi saya untuk akhirnya bisa mengerti dan ngomong pake bahasa ini. Memang lambatnya pembelajaran ini lantaran lingkungan tidak begitu mendukung seperti teman dan tempat kuliah dulu. Tetapi sekarang lantaran kurang di praktekkan bahasa khek-nya jadinya perbendaharaan katanya udah banyak yang lupa. Memang prinsipnya kalo bahasa itu mesti sering dipraktekkan baru tambah mahir. Oke untuk menutup postingan kali ini, tak lupa saya ucapin 'Selamat tahun baru 2010' buat para pembaca setia blog 'Kebebasan' ini.

3 comments:

Kasih Donk Komentarnya