16 December 2009

Solusi masalah modem Vodafone tipe K3520 - Z

Tersebutlah satu buah modem yang baru di beli tetapi penasaran di tuai. Modemnya adalah Vodafone tipe K3520-Z , rencananya akan dipadukan dengan SIM card dari Indosat IM2 Broom. Pihak yang jual mengatakan kalo tinggal di colok aja modemnya ke komputer, entar akan terinstall secara otomatis segala drivernya dan bisa dipake langsung. Kupercaya saja perkataan dari yang jual ini dimana sebelumnya gue minta diajarin cara install dan pakenya. Tetapi berhubung dibilang begitu simple caranya maka ku langsung bawa pulang aja tuh modem.

Alangkah terkejutnya daku pada saat mengetahui modem ini tak bisa connect ke jaringan indosat setelah ku colokkan ke komputer. Padahal kartu SIM-nya udah diaktifkan sesuai prosedur yang berlaku dan sebagaimana diajarin caranya oleh pihak yang jual. Tetapi apa daya komputer tak bisa mendeteksi benda ini dan nota benenya jaringan Indosatnya pun tak terjangkau. Program yang terinstall adalah BLUE CUBE Internet Connection, dan dari program ini dinyatakan kalo SIM cardnya tidak ada. Heran memang padahal kartu SIM udah dimasukkan. Ku coba untuk membalikkan kartu SIMnya dengan asumsi mana tahu cara pasangnya bermasalah. Tetapi tetap aja tidak ada reaksi.

Ku coba mencolokkan modem ini ke laptop temen, dan ajaibnya modem ini berjalan sempurna disana. Oh ada apakah gerangan ini, apakah komputer guenya yang bermasalah?. Lalu sanking penasarannya ku coba bawa modem ini ke toko yang jual. Ternyata yang tahu urusan ini lagi off, dan disuruh balik besok aja. Ku sempatkan diri untuk colok modem ini ke salah satu laptop di toko yang jual ini, eh ternyata tak bisa jalan juga. Nah gue tambah bingung neh jadinya.

Sampai di rumah, gue mencoba lagi untuk install ulang BLUE CUBE-nya, dan tetap tidak bisa jalan juga. hehehe....
Gue cek Control Panel - System - Hardware - Device Manager . Nah disitu nampak ada 3 buah lambang tanda tanya kuning besar yang artinya kalo komputernya tak bisa mengenali benda ini. Gue iseng-iseng klik kanan salah satu tanda tanyanya dan pilih update driver. Oh..my...ternyata ada reaksi, windows akhirnya install driver untuk benda ini, tapi gue kurang yakin sih, apakah benar atau tidak yang diinstall. Lalu semua lambang tanda tanya itu gue update drivernya , dan bingo......akhirnya komputernya bisa bersanding mesra dengan modemnya. Hatiku senang lantaran penasaran berhari-hari terpecahkan. Tapi timbul pertanyaan lanjutan, kok bisa ya windowsnya tak mau otomatis install tuh driver, kok mesti manual gitu ya..? Oh mungkin gue harus bertanya ama rumput yang bergoyang. :-)

3 comments:

  1. yang penting kan modemnya bisa jalan
    *gaya cewek hanya tahu pakai saja* :p

    ReplyDelete
  2. selamat yah akhirnya bisa ke connect jg ^_^
    ambil paket broom yang mana, Han?

    ReplyDelete
  3. @onik : iya sih mbak, yang penting bisa jalan dah...tapi penasaran juga :-)
    @priscilla : makasih ya, pris! pake paket broom bombastis tuh yang 3 GB punya, pake juga ya? :-)

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya