22 August 2012

Piratebox di TP LINK MR3020 -ku

Liburan kali ini saya gunakan untuk mengutak-atik komputer saya. Lantaran baru mengadopsi router baru yang mini bernama TP Link MR3020, makalah browsing lah sana sini dan akhirnya menemukan satu website. TP Link MR3020 biasanya di colokkan ke USB Modem dan gunanya untuk sharing koneksi 3G. Istilahnya untuk buat Hotspot WiFi. Tetapi di website yang saya temukan itu, MR3020 dihubungkan ke sebuah USB. Rasa penasaranku ini akhirnya membawa derita.

Rupanya sekarang lagi ngetren namanya PirateBox. PirateBox ini gunanya adalah sharing file secara lokal dan gratis. Mirip seperti Rapidshare atau 4shared dan semacamnya. Bedanya Piratebox ini diakses secara offline. Jadi tidak bakalan ketahuan dan ditutup oleh pemerintah setempat. Untuk lebih jelas dan detailnya bisa dibaca di sini .

Namanya terinspirasi dari website http://thepiratebay.se/ yang terkenal itu. Berhubung saya sudah berhari-hari stress gara-gara membuat Piratebox ini, saya harap kebingunganku ini tidak menjalar ke yang lain. Okelah kita langsung ke topik utamanya.

--------------------------------DISCLAIMER---------------------------------------------------------
Perlu saya sampaikan juga sebelum anda melangkah lebih jauh, membuat Piratebox ini bisa kemungkinan gagal. Yang artinya TP Link MR3020 anda jadi batu-bata ( tidak berfungsi sama sekali ). Dan itu yang membuat saya hampir membuang TP Link MR3020 yang baru saya beli. Tetapi berkat kegigihan dan keengganan untuk membuang TP Link -ku ini akhirnya saya berhasil juga. ( Ceh Ih Lee.... )
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
 
Untuk membuat piratebox ini saya memerlukan :
1 TP Link 3020 ( yang akan berfungsi sebagai Piratebox-nya )
1 Router ( untuk koneksi ke internet )
2 Kabel Ethernet ( iya betul harus ada dua )
1 Desktop/Laptop ( saya kebetulan pakai Windows 7 )

Setelah itu anda lihat petunjuk lengkapnya di
http://wiki.daviddarts.com/PirateBox_DIY_OpenWrt


Ikuti step by step dan jangan salah ketik. Membuat piratebox ini memerlukan Telnet ( yang programnya ini jarang dipakai ). Kalau di windows 7 anda belum ada, silahkan di install terlebih dahulu. Caranya bisa di lihat di http://www.fettesps.com/windows-7-enable-telnet/ . Anda juga bisa memakai program namanya Putty untuk melakukan telnet atau ssh, tetapi ini tidak diperlukan. Saya sendiri hanya memakai Telnet untuk membuat PirateBox-nya.

Perhatikan sebagian langkah ( langkah 4 - 11 ) itu hanya di koneksikan MR3020 dengan komputer langsung. Sedangkah langkah selanjutnya ( langkah 12- sampai install Piratebox-nya ) itu harus dikoneksikan komputer dengan Router dan MR3020 dengan Router juga. Ini gunanya agar kita bisa mengontrol MR3020 memakai komputer untuk mendownload program Piratebox dari Internet. Pastikan Routernya tersambung ke internet. Saya sendiri routernya tersambung ke internet melalui USB Modem.

Setelah semuanya selesai dengan sukses maka langkah selanjutnya adalah menyambungkan PC/Laptop/Ipad/Blackberry atau apapun yang bisa WiFi ke jaringan 'PirateBox - Share Freely' . Begitu anda membuka browser, secara otomatis akan diarahkan ke page Piratebox seperti gambar diatas. Ingat, ini hanya hubungan Offline. Setelah itu anda bisa berbagi file dengan mudah. Selamat mencoba !

8 comments:

  1. Hi saya faisal dari Malaysia. Saya ada berjaya flash openwrt firmware pada MR3040 (model menggunakan bateri) berjaya masuk ke SSH. tetapi masalahnya bagaimana mahu mendapatkan ip secocok supaya router ini dapat disambungkan ke internet bagi tujuan installation piratebox. jika dirujuk di link ini http://wiki.daviddarts.com/PirateBox_DIY_OpenWrt saya stuck di step 14. masih gagal ping ke google.com. bagaimana ya?

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Faisal, bisa dijelaskan bagaimana anda mengkoneksikan MR3040 dengan jaringan internet?

    ReplyDelete
  3. Sebelum upgrade ke openwrt firmware saya menggunakan usb hspa modem utk mengkoneksi. Tetapi selepas upgrade saya opsyennya tidak ada lagi. Saya hanya connect dgn kabel ke desktop. Atau ada sebarang idea

    ReplyDelete
    Replies
    1. You must connect your MR3040 with your home router that is connected to the internet. Use telnet to check your IPaddress so could be matched to your MR3040 by modifying the network file via SSH. You could reach me at johanrusli[at]gmail.com for fast response.

      Delete
  4. mas aku menggunakan 3020 juga.. udah upgrade firmware yg open wrt nya.. terus waktu aku telnet di command promt kok gagal ya.. itu kenapa mas?

    ReplyDelete
  5. mas aku pakai MR3020 juga.. udah upgrade firmware open wrt yg ada di situs piratebox.. terus waktu mau aku telnet 192.168.0.254 kok gagal ya? itu kenapa mas?

    ReplyDelete
  6. Mungkin sudah terjawab pertanyaan mas afif, tapi disini saya ulangi saja solusinya semoga berguna bagi yang lain. Mas afif setelah mencoba memakai Putty berhasil masuk ke MR3020. Bravo untuk mas Afif!

    ReplyDelete
  7. lupa utk dikongsi bersama mas. aku sudah berjaya install piratebox MR3040. terima kasih atas perkongsian maklumat

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya