01 August 2012

Cloning / Extend Display di SIS Mirage 3

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara setting Display di Windows XP. Situasinya kira-kira sebagai berikut. Anda ingin presentasi Power Point tetapi dalam waktu bersamaan ingin mengutak-atik file yang ada di laptop. Tentunya akan sangat menggangu jalannya presentasi jikalau hadirin/penonton ikut melihat proses anda lagi melihat-lihat isi laptop anda. Ini biasanya terjadi jikalau tampilan di laptop di cloning ke tampilan di proyektor. Dalam artian yang lebih sederhana, apapun yang ditampilkan di laptop juga akan ditampilkan di proyektor. Nah sekarang bagaimana caranya agar kita bisa mengatur apa yang boleh di lihat oleh hadirin/penonton.
Caranya cukup sederhana yakni dengan membuat tampilan proyektor sebagai monitor ke dua. Jadi ceritanya proyektor itu adalah perpanjangan dari tampilan di laptop. Kebetulan graphic driver di laptopku adalah SIS Mirage 3. Untuk mengatur tampilan seperti ini lebih bagus adalah langsung memakai Utility Tray dari SIS ketimbang memakai Display di Control Panel. Tinggal klik kanan di Utility Tray-nya, pilih Display Property, lalu Driver Mode Settings.


Selanjutnya tampilannya adalah sebagai berikut:


Nah dapat dilihat di panel diatas, ini artinya apapun yang ditampilan di proyektor akan sama dengan di laptop kita. Untuk mengatur agar tampilan di laptop tidak sama dengan di proyektor silahkan di klik bagian yang saya kasih tanda panah merah seperti dibawah ini.


Oalala....selanjutnya tinggal di klik OK maka tampilan di laptop dan proyektor pun akan sesuai seperti yang kita inginkan. Untuk memindahkan tampilan suatu program diantara 2 display ini tinggal di drag saja. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya