24 April 2012

Membuat Animated GIF ( GIF Animasi ) untuk Profile Picture BBM

Terinspirasi dari Profile Picture teman yang ada di BBM dimana gambarnya adalah animated GIF ( GIF beranimasi ) , maka kucoba untuk membuatnya. Pertama-tama yang saya perlukan adalah gambar-gambar yang akan disatukan menjadi GIF animasi. Saya teringat ada video yang mau saya jadikan GIF animasi ini.

Nah tantangan pertama adalah mengubah video menjadi potongan gambar-gambar. Saya memakai Windows Movie Maker yang pastinya ada disetiap komputer temen-temen. Saya buka videonya dan jalankan. Yang perlu di lakukan adalah memilih frame-frame/gambar-gambar yang diperlukan untuk di jadikan GIF animasi. Untuk itu saya hentikan/pause sesaat-sesaat videonya, kemudian saya save satu persatu gambar/frame yang ada. Caranya adalah menekan tombol di sebelah kanan bawah pada player di Windows Movie Maker ini.

Setelah terkumpul beberapa gambar maka selanjutnya disatukan potongan gambar ini. Caranya sangat mudah, yakni tinggal ke http://www.picasion.com . Lalu masukkan satu persatu gambar yang telah kita simpan tadi secara berurutan. Tekan 'Create Animation', maka GIF animasi kita pun telah jadi.

Masalah muncul pada saat ingin saya masukkan GIF animasi ini menjadi Profile Picture/Avatar untuk BlackBerry Messenger (BBM). Ternyata agar bisa ditampilkan, BBM meminta GIF animasinya haruslah berukuran dibawah 32 KB dan ukurannya harus persegi.

Untuk membuat ukurannya menjadi persegi, saya menggunakan Microsoft Office Picture Manager. Tinggal pilih seluruh gambarnya, lalu pilih Edit Pictures-Crop-CropHandles. Atur Left-Right-Top-Bottom sehingga pixelnya menjadi sama. Kemudian tinggal di save setelah siap mengaturnya.

Kemudian ke http://www.picasion.com lagi untuk mengulangi langkah yang sama yakni memasukkan gambar yang telah kita atur tadi. Alhasil GIF animasi kita telah memiliki ukuran persegi. Tantangan berikutnya adalah ukuran filenya. Jika melewati 32 KB , maka perlu diperkecil sehingga menjadi lebih kecil dari 32 KB. Caranya sama yakni ke http://www.picasion.com . Pilih menu Resize Image. Kemudian masukkan GIF animasi yang telah dihasilkan tadi agar bisa di perkecil ukuran filenya. Ta...da....GIF animasi -nya pun telah siap dan bisa di letakkan di Profile Picture di BBM -nya. Contoh GIF Animasi yang telah saya buat bisa dilihat di bawah ini.
Versi awal GIF Animasi dengan ukuran yang belum persegi
  
Versi GIF Animasi setelah ukuran di buat persegi

Nah dibawah ini versi yang bisa dimasukkan ke BBM sebagai profile picturenya. Jika pembaca mau mencoba tinggal di save image saja gambar dibawah ini.
Versi GIF Animasi yang ukuran file dibawah 32 KB dan persegi

Selamat mencoba!.
NB: Bagi yang ingin mengetahui bagaimana saya bisa menulis dengan senter biasa, sila intip caranya di sini .




No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya