20 March 2012

Tips dan Trik Instalasi AC

Ada beberapa pelajaran menarik yang kupetik dari masalah AC ( Air Conditioner ) yang ku alami akhir-akhir ini. Ini bermula di suatu malam yang di sertai hujan deras dan angin kencang. Tiba-tiba terdengar gemericik air jatuh yang begitu jelas. Yang pasti itu bukanlah bunyi air hujan di luar kamar. Setelah diselidiki ternyata air ini berasal dari mesin AC. Sanking deras air yang mengucur ini terpaksa mesti di tampung dengan ember. Ohlala.....air darimana gerangan ini. Panik bercampur kesal terasa sesak di hati. Jam-jam segini seharusnya bisa santai dan beristirahat malam. Malam itu pun di dalam otak hanya memikirkan penyebab masalah AC ini.

Esok harinya ku minta tukang AC-nya untuk melihat-lihat dan sekaligus membersihkan AC nya.
Selanjutnya saya menelepon ke pihak customer service LG-nya untuk datang berkunjung sebab masalah tetesan air ini tetap ada. Oleh pihak LG-nya saya di berikan pencerahan dan memang kelihatannya masuk akal. Penyebab dari masalah ini ada di instalasinya.


Nah dilihat dari gambar diatas, kira-kira begitulah situasi/masalah yang saya hadapi. Pipa penghubung indoor unit dan outdoor unitnya salah pasang. Ini menyebabkan air hujan bisa menetes masuk ke ruangan kamarku melalui celah pipa penghubungnya. Ini juga lantaran isolasi pipanya sudah rusak sehingga air bisa dengan mudah merembes masuk. Seharusnya di pasang seperti gambar di sebelah kanannya.

Semoga postingan ini bisa memberikan manfaat dan masalah ini tidak terulang ke yang lain. :-)

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya