21 January 2012

Utak-Atik Subtitle Film DVD Bajakan


Pernahkah anda mengalami sedikit kekesalan di hati lantaran subtitle film DVD bajakan yang kita putar tidak ada ataupun tidak jelas artinya. Ini memicu kita tidak jadi menonton film dari DVD bajakan tersebut. Nah kali ini , gue mau sharing sedikit tips dan trik untuk mengakali masalah ini.

Langkah pertama yang mesti di lakukan adalah mendownload satu program yang namanya MakeMKV . Program ini sebenarnya gunanya mengubah file filmnya dari bentuk DVD ke MKV. Tampilan programnya pun simple aja. Tinggal pencet saja satu tombol di tampilan programnya, maka film DVD anda akan di ubah menjadi file MKV. Keuntungan dari MKV adalah subtitle dari film bisa kita utak-atik.

Nah setelah file filmnya udah diubah ke MKV, maka selanjutnya adalah mencari subtitle sesuai keinginan kita. Saat ini sudah tersebar banyak di dunia maya. Salah satunya di website www.subscene.com . Di laman ini, kita tinggal mengetikkan judul film yang kita inginkan subtitlenya. Entar bakalan muncul banyak pilihan subtitle dalam segala bahasa jikalau memang filmnya cukup terkenal punya. Tinggal pilih saja yang sesuai keinginan kita, lalu donwload tuh file subtitlenya. Biasanya dalam bentuk ekstension .zip dan setelah di ekstrak jadinya .srt

Lalu file .srt ini kita letakkan di folder tempat file MKV berada. Dan harus dinamakan dengan nama yang sama. Contohnya kalau file MKV bernama IronMan.MKV maka file .srt juga dikasih nama IronMan.srt .

Sekarang tinggal kita putar file film yang sudah dalam bentuk MKV ini dengan software player yang sesuai. Saat ini yang sudah saya pernah coba adalah CyberLink Power DVD versi 10.Dan kalau berhasil, maka film kesayangan anda akan tampil dengan subtitle pilihan anda.

Jikalau tidak puas dengan subtitlenya,bisa coba donwload lagi yang sesuai.
Atau silahkan meng-edit sendiri file .srt ini dengan program 'NotePad'. Selamat mencoba!

4 comments:

  1. lah ni aplikasi yg dah lama gw cari2....tengkiu...

    ReplyDelete
  2. thanks bro!:)

    ReplyDelete
  3. thanks a lot bro!:DD

    ReplyDelete
  4. ko..aku dah ikutin petunjuk koko..tapi ga berhasil ni
    film yg diubah ke mkv jadi 2 file
    cuma bisa diputer di media player classic
    tapi subs nya ga muncul
    ini gimana ya ko?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya