10 January 2012

Nvidia Geforce 430 membuat game Super Street Fighter IV -ku jadi 3D

Sekarang lagi ngetrend-ngetrendnya yang berbau 3D. Dari TV 3D, kacamata 3D, film 3D, dan lain-lain. Teknologi 3D pun sudah berkembang menurut saya. Teknologi 3D yang saya punya saat ini adalah kacamata kertas yang berwarna Red/Cyan. Dengan kacamata ini , saya bisa melihat gambar 3D dari layar monitor, proyektor dan sebagainya. Walaupun gambar yang terlihat warnanya tidak begitu maksimal tapi yah cukuplah puas dengan efek 3D-nya. Tetapi dengan teknologi saat ini, dimana TV 3D sudah bukan barang yang aneh lagi, kita bisa menikmati gambar yang lebih bagus dengan warna natural/asli. Mata pun tidak begitu capek lagi melihat gambar 3D-nya.

Tetapi kali ini saya tidak akan membahas Teknologi 3D yang terbaru tersebut berhubung saya mesti merogoh kocek lagi membeli peralatan tersebut diatas. Nah kali ini, saya akan berbagi pengalaman dalam hal memaksimalkan teknologi 3D yang ada kupunya saat ini yakni kacamata kertas 3D Red/Cyan -ku.

Kacamata Red/Cyan-ku

Kebetulan pada saat utak-atik desktop di rumah, terpencet dan keluarlah yang namanya Nvidia Control Panel. Yang menarik adalah disitu ada pengaturan tampilan 3D -nya. Penasaranku pun membawa diriku mendalami lebih jauh neh benda. Pertanyaan pertama : apakah dengan monitor ku yang tidak 3D ready bisa juga menikmati efek 3D?.
Jawabannya: Bisa! . Nvidia ternyata tidak melupakan kita-kita yang hanya mempunyai kacamata 3D kuno. :-)

Tampilan Nvidia Control Panel - Settingan 3D-nya

Nah seperti terlihat pada gambar diatas, ada beberapa pilihan teknologi 3D yang bisa kita pilih. Karena hanya mempunyai teknologi dari pilihan yang paling bawah, maka kupilihlah itu. Judulnya Discover Glasses. Nvidia sendiri saya lihat-lihat di blog tetangga, ternyata ada menjual juga kacamata Red/Cyan seperti punyaku. Tetapi saya tak yakin apakah fungsinya mirip ataupun ada kelebihannya. Setelah set up sana-sini dari hanya mengikuti perintah di layar monitor, akhirnya monitor ku pun menjadi 3D ready. hehehehehe......

Buktinya sekarang sudah ada perintah Enable/Disable 3D Vision di menu Windows-nya. Tak sabar, saya segera mencoba teknologi yang baru ini. Pertama lihat gambar-gambar yang 3D, oke...mantap. Kedua gue coba lihat video. Dengan bantuan software Cyberlink Power DVD 10 yang mana pada postingan yang lalu sudah gue coba full HD-nya, sekarang saya coba efek 3D-nya. Wuis...film 2D menjadi 3D, gambarnya jadi berbayang, dan setelah memakai kacamatanya, efeknya nampak, tapi tidak maksimal. :-p. Nah yang ketiga yang menarik neh, ku mainkan game yang biasanya cuman nampak 2D doank ternyata setelah Enable 3D Vision-nya Nvidia, gamenya berubah menjadi 3D. Game yang saya coba, Dawn of War II dan Super Street Fighter IV:Arcade Edition .

Di Super Street Figther IV, entar nampak efek background dengan fighternya ada jarak gitu. Yah efek 3D gitu lho. Walaupun saya tidak berani bermaen lama dengan efek 3D -nya abis mata sudah mulai berair. :-) Yah kesimpulannya puas aja deh bisa maenkan game 3D dari monitor biasa. Ke depan mungkin akan saya coba beli film 3D yang ada di jual dipasaran. Semoga efek 3D-nya lebih nampak deh.

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya