30 November 2010

Printer Epson C45 Anda Bermasalah ?

Printer Epson C45

Pada saat anda ingin nge-print , tiba-tiba muncul pesan kesalahan sebagai berikut di printer Epson-nya : ' Service required.Parts inside your printer are at the end of their service life. See your printer's documentation for details ' .

Jangan langsung panik mukul-mukul atau banting printernya. Masalah ini barusan saya jumpai dan syukurlah bisa diatasi berkat mbak Google. Printer Epson yang saya miliki bertipe Epson C45. Kebetulan tinta berwarna hitamnya (T038) perlu diganti cartridgenya. Begitu ingin melakukan prosedur penggantian , muncul pesan kesalahan seperti diatas. Semula gue kira ada masalah dengan sambungan kabelnya atau laptopnya. Jadi gue sambung cabut kabelnya diiringi dengan restart laptopnya. Masalah tak juga lenyap.

Akhirnya gue nyerah dan mengambil keputusan untuk bawa neh printer bermasalah ke Epson Service Centrenya. Di kota medan , tuh service centre katanya terletak di Jalan H.M Yamin no. 41 ( Jalan Serdang dulunya ).

Setelah printernya di packing rapi dan ingin gue bawa ke service centrenya, gue iseng-iseng nge-search neh masalah ke mbak Google. Wuih ternyata masalah ini banyak di jumpai kebanyakan orang. Solusi juga banyak ditawarkan. Gue akhirnya mencoba salah satu solusi yang ditawarkan yakni menge-set ulang printernya. Menurut informasi , ternyata printer Epson menyimpan data jumlah printing yang telah kita lakukan. Jadi kalau telah melampaui data tertentu, akan muncul otomatis pesan kesalahan di atas. Saya pun nge-download program ajaibnya di http://tricks-collections.com/download/. Ada banyak program Adjustment yang tersedia menurut tipe printer anda. Contohnya kalau saya akan mendownload tipe yang C45 di http://www.mediafire.com/?xydczelivyi .

Jalankan saja programnya, pilih tipe printer dan munculkan tampilan seperti dibawah ini:


Nah disini saya cukup menjalankan ' Clearing the protection counter ' . Printernya mengeluarkan bunyi. Saya ngetest printing. Weleh.... printernya bekerja mulus tanpa perlu ke service centre. Leganya neh hati. Selamat mencoba bagi yang menjumpai masalah yang sama.

4 comments:

  1. Makasih Mas. Really helping d:

    ReplyDelete
  2. gak bisa Om, bisa dibantu lebih detailnya? thanks

    ReplyDelete
  3. Gak bisa gimana maksudnya? :-)

    ReplyDelete
  4. untuk epson T11 ga ada pilihannya ya gan? trus gmn? thx infonya

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya