02 June 2010

Gigiku tiba-tiba sakit ( Perawatan Saluran Akar Gigi )

Lagi sakit gigi-kah anda? Semoga tidak ya, tetapi kalaupun iya pasti sangatlah tidak nyaman neh hidup. Setelah menerawang dan memperhatikan dengan seksama isi mulutnya dari cermin, eh kayaknya tak ada yang salah ya dengan giginya. Tak ada lubang, ataupun sebab lain sepengetahuan kita yang bisa menyebabkan sakit gigi ini. Penasaran toh jadinya. Nah ini barusan gue alami beberapa hari yang lewat. Salah satu gigi geraham kecilku terasa ngilu begitu pada saat mengunyah makanan. Pokoknya pada saat gigi atas dan gigi bawah bertemu pasti timbul sensasi ngilu yang tidak tertahankan. Sangat merepotkan pada saat makan sehingga sempat tidak selera makan gara-gara neh gigi.

Kalau boleh berbagi, saya termasuk yang rajin ke dokter gigi. Jadi setiap gigi yang berlubang pasti saya tambal sehingga tak tersisa satu gigipun yang nampak berlubang. Ini menimbulkan kecurigaan dan rasa penasaran yang hebat kenapa bisa sakit neh gigiku. Ku buat janjilah dengan dokter gigi langgananku. Diagnosa yang pertama, dokternya bilang mungkin terlampau sensitif gigi guenya ini sehingga bisa ngilu begitu. Tetapi sang dokternya pun curiga berhubung kalaupun terlampau sensitif tak mungkin bisa ngilu begitu hebatnya. Lalu dia memakai semacam alat untuk mengetes daerah dimana gigiku sakit. Padahal gigiku yang sakit ini udah pernah ditambal punya. Tambalannya pun masih bagus.

Akhirnya dokternya memberi kesimpulan kalau saraf gigiku ini telah membusuk didalam. Lho, kok bisa, dok? Katanya pada saat menambal gigiku kemaren itu, lubangnya memang udah terlampau dalam. Tapi dokternya tetap menambal gigiku tersebut dengan pesan kalau gigiku ini sakit suatu hari mesti di lakukan Perawatan Saluran Akar (PSA) atau bahasa kerennya Root Canal Treatment. Nah suatu hari itu yah kemaren itu, saraf gigiku terpaksa dibersihkan sebelum timbul infeksi dan sebagainya. Katanya untung cepat di tangani, kalo enggak bisa terjadi pembengkakkan di giginya.

Proses pembersihan saluran akar gigi ini memakai alat mirip bor gitu yang diberi nama 'file'. Ini alat dimasukkan ke gigi kita yang sebelumnya telah di lubangi. Yang belum pernah merasakan perawatan jenis ini, pasti terkejut dengan sakitnya yang lumayan itu. Pada saat 'file' ini menyentuh saraf giginya, ada sensasi ngilu sesaat. Dokternya bilang mesti ditahan sedikit sakitnya. hehehehe.....

Setelah dibersihkan, giginya ditambal sementara. Gue harus kembali ke dokter gigi lagi minggu depan untuk mendapat tambalan permanen. Semoga bermanfaat postingan kali ini.

3 comments:

  1. Aku juga mengalami, karena gigiku tergerus (gara2 terlalu mantap gosok giginya). Cekungannya sampai menyentuh syaraf gigi jadi ngilu kalau kena dingin, manis atau asam. Tapi waktu dibor ga ada rasa sakit, maklum dibius lokal.Butuh 2x kali kunjungan, hari pertama gigi dibor untuk pembersihan dan pengobatannya, hari kedua penambalan gigi bolong akibat pengeboran tersebut. Nambalnya juga mantap pakai laser untuk mengeraskan. Terima kasih Dok, gigiku bebas ngilu.

    ReplyDelete
  2. hahahaha.......iya deh semoga terbebas dari ngilu untuk selamanya dah...:-)

    ReplyDelete
  3. wahh,kt org2 skt gi2 tu plg sengsara,cm bs dirasain sendiri,gak ada orang yang nengokin ....
    wkkkk,
    pizz

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya