24 February 2014

Tampilan BIOS Tidak Muncul dan Solusi -nya

Sempat di buat bingung kemarin di kala komputer desktop-ku baru saya sadari tidak ada tampilan "splash screen" BIOS-nya. Itu lho yang begitu kita tekan tombol "on" maka ada tampilan gambar sesaat BIOS -nya, kalau mau setting BIOS-nya tekanlah "Del" dan semacamnya. Nah kemarin itu tak ada tampilan semacam itu sehingga mau setting BIOS-nya pun tak bisa. Yang ada tampilan layar gelap gurita. Tapi memang Windows 7 -nya tetap bisa muncul dan tak ada masalah.

Walaupun nampak sepele, tapi bagiku sangat menggangu pikiran. Maka proses pencarian di Google pun di mulai. Satu persatu tulisan di web saya baca. Satu persatu cara juga gue coba. Dari cabutin keyboard-nya lar, tekan tombol fungsi deretan atas, update BIOS-nya dan semacamnya. Tapi tak ada hasil, tetap gelap.

Tinggal satu cara lagi yang nampaknya menjanjikan, yakni melepas baterai motherboard -nya. Waduh, seumuran gue tak pernah tahu ada baterai gituan di motherboard-nya. Rasa penasaranku pun lar yang membawaku untuk mencoba cara ini.

Lalu casing desktop-nya saya buka  dan memang langsung nampak ada satu baterai kancing di motherboardnya. Itu saya lepas dan pasang kembali. Sebelumnya sumber daya listrik telah saya lepas dari motherboard dan komputernya agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Setelah di reboot komputernya dan oh la la......BIOS-nya pun muncul sudah. Terima kasih sekali lagi untuk Google. :-)

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya