24 February 2014

CD / DVD Error Code 19 dan Solusi -nya

Tak ada badai ataupun petir, tiba-tiba saja DVD ROM desktop-nya tidak berfungsi. Di device manager ada tanda seru di DVD ROM-nya. Semula kirain drivernya yang bermasalah. Kebetulan merek DVD ROM-nya Samsung, tetapi setelah dicari sana sini tidak ada yang namanya driver khusus untuk DVR ROM ini. Biasanya Windows 7 nya yang akan menginstall secara otomatis drivernya. Hmm.....bingung jadinya.

Tetapi memang untunglah ada teknologi namanya search engine. Mbah Google pun menjadi teman kita bertanya dan berkeluh kesah. Begitu saya cek di Properties-nya ada tulisan seperti ini Errornya:
"Windows cannot start this hardware device because its configuration information (in the registry) is incomplete or damaged(Code 19)"

Berdasarkan kode Error seperti diatas , Google pun membawaku ke satu website yang sangat membantu di http://pcsupport.about.com/od/findbyerrormessage/a/code-19-error.htm .
Dari sekian banyak cara yang disarankan, untuk masalah saya cocoknya adalah di cara no. 3. Yakni menghapus salah satu string registry di regedit. Memang agak berbahaya kalau sampai mengedit yang beginian abis ini sudah masalah operating system. Kalau sampai salah , bisa-bisa tak mau booting tuh Windowsnya.

Registry yang perlu di hapus ada di HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class.

Lalu cari folder 4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318 , dan hapus string Upper Filter / Lower Filter. Untuk jelasnya bisa langsung ke http://pcsupport.about.com/od/driverssupport/ht/upperfilters-lowerfilters.htm . Lalu untuk list GUID -nya bisa di lihat di http://pcsupport.about.com/od/driverssupport/a/device-class-guid.htm . GUID itu kepanjangan dari Globally Unique Identifier . Yah bahasa awamnya setiap peripheral yang terpasang di motherboard ada identitas khususnya gitu, jadi kebetulan untuk DVD drives kodenya adalah 4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318 . Jadi cara ini kemungkinan bisa di pakai untuk kasus pada peralatan lain.

Setelah saya hapus string melalui regedit , maka masalah pun terpecahkan. DVD-nya kembali bisa di putar dan tidak perlu dibawa ke service centre. Hemat waktu dan biaya. Syukurlah.....!

1 comment:

  1. error code19 CD/DVD ROM ini juga saya alami. uninstall DVD ROM berulang-ulang dan me restart PC tidak membantu. setelah saya baca tulisan anda dan saya coba ternyata.... berhasil. DVD ROM saya sudah terbaca di Device Manager tanpa ada tanda kuning.
    Terima kasih.

    Samuel Silalahi-Surabaya

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya