25 April 2013

Modifikasi di Piratebox

Berawal dari iseng-iseng, akhirnya Pirateboxnya bisa sedikit demi sedikit saya ubah wajahnya. Sebelumnya yang berwajah seperti gambar dibawah ini :

Memang tidak ada yang salah dengan tampak depan halaman pirateboxnya, tetapi gambar tengkorak hitam itu dari awal sungguh menakutkan bagiku. Maka ku ubah lah sehingga menjadi lebih tenteram penampakannya seperti gambar dibawah ini:

Caranya pun tidak sesusah yang saya pikirkan. Dengan memakai program Putty saya akses masuk ke dalam pirateboxnya. Ketika sudah masuk, akses ke folder /opt/piratebox/www
Nah disana ada file bernama index.html dan forum.html. File inilah yang memberikan saya kemampuan untuk mengubah gambar tengkoraknya dan menerjemahkan kalimat-kalimat menu di pirateboxnya.

Berikut daftar file-file gambar tengkorak yang saya gantikan:
piratebox-logo-small.png
piratebox-logo.png
favicon.ico

Berikutnya saya juga ubah tampilan directory listing dari file-file dipirateboxnya. Ternyata bisa dipercantik dengan icon-icon sehingga layaknya melihat file di Explorer. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di tampilan berikut ini (klik pada gambar untuk memperbesar gambarnya) :


Untuk ini saya harus mengambil file css-nya di sini . Lalu download file iconnya di sini atau/dan di sini
Filenya ini seterusnya saya pindahkan ke dalam satu folder(.icons) di pirateboxnya yakni di folder /opt/piratebox/www

Selanjutnya perlu juga di modifikasi sedikit file lighttpd.conf yang ada di folder /opt/piratebox/conf/lighttpd .
Cukup dengan menambahkan 2 baris kalimat berikut :

dir-listing.activate = "enable"
dir-listing.external-css = "/.icons/dir-listing.css"


Tampilan daftar filenya pun menjadi jauh lebih indah. Jadi sekarang nampak jelas yang mana folder, yang mana file gambar, file film , dan sebagainya.

Terakhir yang saya modifikasi adalah PirateBox Boardnya yang juga dulunya ada gambar tengkoraknya. Setelah diubah maka menjadi adem ayem seperti gambar berikut ini:


Untuk yang satu ini tinggal di konfigurasi file bernama  config.pl yang ada di  folder /opt/piratebox/www/board/

Ganti saja tulisan Piratebox Board -nya , lalu nama file gambarnya. Ta..dah...akhirnya selesai deh!. Mungkin agar klop bisa sekalian dimodifikasi nama Wi-Fi untuk pirateboxnya yang biasanya bernama Pirate Box-Share Freely. Untuk ini tinggal akses ke /etc/config/wireless . Ganti sesuai keinginan kita.

Lalu sebagai penutup saya akan sharing beberapa perintah di Putty yang sering saya pakai ( di Android ada program serupa bernama ConnectBot ) :

--------------------------------------------------------------------
Hapus folder : rm -rf /opt/piratebox/share/Shared/namafolder

Tampilkan file : ls -al /opt/piratebox/share/Shared

Buat folder : mkdir /opt/piratebox/share/Shared/namafolder

Pindahkan file : mv /opt/piratebox/share/Shared/namafile /opt/piratebox/share/Shared/foldertujuan

Hapus file: rm /opt/piratebox/share/Shared/file.jpg

Lompat ke folder : cd /opt/foldertujuan

Restart Piratebox: 
cd /
/etc/init.d/piratebox stop
/etc/init.d/piratebox start
--------------------------------------------------------------------
Perintah vi yang sering saya pakai adalah:
Edit --> i
Selesai edit --> Esc
Simpan dan keluar --> :wq
Keluar --> :q atau :quit!

3 comments:

  1. gan 3020 ane ga bisa login.. reset juga ga bisa... tolong bantu.. benerinx gmn... udah ane upgrade ke openwrt luci trunk. thxs // emon21287@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. gan bantuin ane.. mr3020 ga bisa login.. frimware openwrt luci trunk..thxs.. mcell944@gmail.com

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya