18 October 2010

Interactive White Board (Papan Tulis Interaktif) dengan WiiMote

WiiMote

Akhir-akhir ini saya nya lagi sibuk utak-atik benda yang ingin saya terangkan berikut ini. Nama bendanya Wii-Remote Controller, biasanya disingkat Wiimote. Pastinya pembaca sekalian pernah dengar konsol permainan yang diusung oleh Nintendo ini. Wii nama konsolnya, nah untuk memainkan permainan di Wii , kita mesti memakai alat kontrolnya bernama Wiimote ini.

Ternyata Wiimote ini bisa dipakai untuk keperluan lain selain untuk bermain Wii. Saya harus berterimakasih kepada seseorang bernama Johnny Lee. Beliau menemukan kalau Wiimote ini bisa dipakai untuk membuat Papan Tulis Interaktif. Papan tulis ini bedanya dengan papan biasa yakni kita bisa berinteraksi dengannya layaknya touchscreen di handphone atau di laptop. Mungkin video ini bisa menerangkan lebih lugas.

Nah disini saya akan berbagi cara membuatnya berdasarkan pengalaman saya sendiri. Kalau pembaca sekalian kurang puas bisa minta bantuan bang google untuk cari referensi lain di dunia maya sana.

Pertama-tama yang kita perlukan adalah Wiimotenya sendiri. Kita bisa membeli Wiimote ini tanpa harus membeli konsol Wii-nya. Saya sendiri membeli Wiimote ini sekitar 400 ribuan di toko game terdekat di kota Medan ini. Selain dapat Wiimote, saya dapat aksesoris tambahan yang namanya Nunchuk.

Setelah membeli Wiimote, langkah selanjutnya adalah menghubungkan desktop/laptop dengan wiimote ini. Untuk itu kita perlukan bluetooth. Berhubung laptop saya tidak ada bluetoothnya, terpaksa saya harus menggunakan bluetooth eksternal. Dipasaran banyak tersedia bluetooth eksternal dengan harga yang sangat terjangkau.

Oke setelah ada wiimote dan bluetooth, yang kita perlukan selanjutnya adalah software penghubung wiimote dengan laptopnya. Untuk itu saya mendownload software yang namanya SmoothBoard.

Benda terakhir yang kita perlukan bernama InfraRed Pen. Di indonesia, pen infra merah ini belum tersedia pada saat saya menulis postingan ini. Tapi jangan menyerah dulu, pen ini bisa dibuat sendiri dengan biaya yang sangat kecil. Peralatan untuk buat pen ini hanyalah LED infra merah, kabel, switch ama ballpoint. Rangkaian listriknya juga sangat sederhana. Kalau merasa kurang pandai dalam hal solder menyolder, bisa minta bantuan ke seseorang atau ke toko elektroniknya pada saat beli peralatan elektroniknya. Semoga tokonya mau membantu dengan dikasih sedikit imbalan tentunya.

Rangkaian Listrik Infra Ren Pen -nya

Setelah semuanya tersedia, saatnya untuk menggabungkan segala benda-benda diatas itu.
Jalankan program Smoothboard-nya. Jika muncul jendela error berarti Windows-nya belum terinstall Microsoft dotNet versi 3.5. Segera download lagi tuh dotNet-nya, gratis kok dari websitenya Microsoft.

Begitu program SmoothBoard dijalankan, secara otomatis akan mengkoneksikan diri dengan Wiimote yang ada. Tekan tombol 1 dan 2 pada Wiimote anda secara bersamaan. Yap betul, tombol yang ada tulisan 1 dan 2 -nya. Kalau anda benar memencetnya, maka ada 4 lampu biru bakalan menyala. Tunggu sebentar proses pengkoneksian ini.

Setelah terkoneksi, langkah selanjutnya adalah mengkalibrasi bidang/papan yang ingin kita jadikan papan tulis interaktif ini. Bidang/papan ini bisa berupa meja, dinding ataupun bidang-bidang lainnya yang bisa di tulisi. Ada 4 buah titik yang perlu ditandai dengan menggunakan pena infra red yang telah anda buat itu. Setelah itu...Papan Tulis Interaktif pun menjadi kenyataan. Jikalau ada pembaca sekalian yang mengalami kesulitan membuat Papan Tulis Interaktif ini, jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba!
.


NB : Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan peralatan/bantuan mengenai proyek ini bisa dilihat-lihat di Warung Onlineku

33 comments:

  1. kalau ada yang mau bikin sendiri, coba lihat e-book yang saya buat :

    http://setijoagus.wordpress.com/2010/11/11/teknik-membuat-sendiri-interactive-whiteboard-papan-tulis-layar-sentuh/

    ReplyDelete
  2. Mas beli IRnya dimana? di sini susah

    ReplyDelete
  3. @Anonymous : emang Mas di daerah mana ? seharusnya di toko elektronik tersedia deh, bilang aja mau beli IR Led untuk Remote Controller

    ReplyDelete
  4. saya di sukabumi mas, disini susah cari tsal6400,.. kalo di daerah mas ada saya pesan boleh nggak?

    Thank's

    ReplyDelete
  5. Dasep: mas, coba search di net toko elektronik lokal namanya Delta Electronics

    ReplyDelete
  6. pa, mu nanya, kalo spesifikasi device bluetoothnya bebas ato ada ketentuan?

    terima kasih,

    ReplyDelete
  7. @nida: spesifikasinya sih seharusnya tak ada ketentuan sih....yang penting bisa connect aja ke Wii Remotenya, gue sendiri pake bluetooth merek billionton , lalu softwarenya pake IVT BlueSoleil

    ReplyDelete
  8. sory bro nanya, kenapa pas kalibrasi susah banget, apa karena jenis IR nya yang kurang sensitif, posisi IR harus tepat di depan wiimote, gemana nih! thank's

    ReplyDelete
  9. Kalau boleh tahu jenis IR yang saudara pakai apa? berdasarkan pengalaman saya, IR yang di jual di pasaran itu kebanyakan kurang begitu sesuai spesifikasinya, sehingga wiimotenya mesti cukup dekat agar bisa terdeteksi. Sekarang saya posisikan wiimotenya tepat ditengah layar, dan sejauh ini berjalan dengan mulus. Kalau mau lebih detail mungkin saya bisa kirimkan gambar atau videonya ke email saudara.Selamat mencoba! :-)

    ReplyDelete
  10. Pak, saya Sudah mencari IR TSAL 6400 di Delta E dan Digi Ware, Stoknya habis...Apakah ada tempat lain yg bisa Jf Rekomendasi ? Thank's

    ReplyDelete
  11. @Aly: saya ada coba nyari-nyari di ebay.com , ternyata banyak yang tawarkan IR Led ini, tapi kebanyakan di luar negeri punya, ongkos antarnya lumayan sih, dihitung
    -hitung mendingan beli pen yang udah jadi punya aja.

    ReplyDelete
  12. kl beli interaktif whitebord gausah bikin sendiri kan ada tuh ... trus kl beli jadi cara pemakaiannya gmn ??? tks

    ReplyDelete
  13. Kalo mau beli jadi dipasaran banyak seharusnya, cara pakainya juga bervariasi, ada yang pake sentuh, ada yang mesti pake alat bantu

    ReplyDelete
  14. Mas, klo mo pesen ir pen gimana caranya? saya kirim email gak ada balasan ni..

    ReplyDelete
  15. Mas Yuche Yahya , kalau mau pesan IR pen-nya, silahkan kirim alamat lengkapnya ke johanrusli@yahoo.com , entar akan saya kirimkan segera setelah cocok harga dan sebagainya :-)

    ReplyDelete
  16. www.alaisys.com

    PT yang memproduksi ITBOARD WIRELESS DAN ITBOARD MULTI TOUCH

    ReplyDelete
  17. mas software SmoothBoard nya ada yg gratis gak??

    ReplyDelete
  18. Software trialnya ya gratis tuh. Tapi kalau maksudnya yang register punya sih sampai saat ini tak pernah ketemu di dunia maya.

    ReplyDelete
  19. cara peletakan wiimotenya bgainama Pak?

    ReplyDelete
  20. Cara peletakkan wiimotenya adalah di arahkan saja ke ke bagian tengah papan/layar yang ingin kita jadikan papan/layar interaktif. Sudutnya sekitar 45 derajat. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video disini
    http://youtu.be/Xrs5A1y-rMI

    ReplyDelete
  21. wii remote yang digunakan, yg biasa apa yg sudah built in dengan wii motion-nya?trs IR LED-nya apa harus yg tipe IR TSAL 6400?bisa ga pake IR LED yg biasa?thanks....

    ReplyDelete
  22. Pake yang biasa sudah bisa wiimotenya. IR Led selain TSAL6400 kabarnya kurang begitu bisa di tangkap oleh wiimotenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak Johan, Saya pesan lampu IR TSAL 6400 (4 buah) dengan Dudukan baterai (2 buah). Bagaimana cara saya kirim uangnya? apa lewat no rekening ? saya sudah kirim pesan lewat email tapi belum dibalas. Ma kasih sebelumnya.

      Delete
    2. Pak Johan, saya pesan lampu IR TSAL 6400 (4 buah) dan dudukan baterai (2 buah). berapa harga + ongkos kirimnya ? Bagaimana saya kirim uangnya, apa lewat no rekening? saya sudah tulis pesan lewat email tapi belum dibalas. Mohon dibalas. Ma kasih sebelumnya.

      salam sukses.

      Delete
  23. Hey terrific blog! Does running a blog such as this require a large amount of work?
    I've very little understanding of computer programming however I had been hoping to start my own blog in the near future. Anyways, should you have any ideas or tips for new blog owners please share. I understand this is off topic but I simply wanted to ask. Thank you!
    Feel free to surf my homepage - watch nfl games online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, too! Glad that you like my blog. Actually it's not difficult to make a blog like this. I myself don't have any knowledge about programming. Just register yourself to blogger and follow the instructions afterwards. Ta...da...you got yourself a blog. Just do it! :-)

      Delete
  24. Its like you read my mind! You appear to know so much about this,
    like you wrote the book in it or something. I
    think that you can do with some pics to drive the message home a little bit, but instead of
    that, this is great blog. A great read. I will certainly be back.
    Look at my website :: Work from home

    ReplyDelete
  25. Saved as a favorite, I like your blog!
    Have a look at my web page ; zit overnight

    ReplyDelete
  26. My partner and I stumbled over here coming from a different web page and thought
    I should check things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to going over your web page for a second time.
    my website: asuntoturkista.net

    ReplyDelete
  27. What's up mates, its impressive piece of writing on the topic of educationand completely defined, keep it up all the time.
    Feel free to surf my web-site : acne treatment

    ReplyDelete
  28. Selain aplikasi smootboard yang diinstalkan pada kompetur/laptop apa ada aplikasi ain yang harus disdiakan. Saya sepertiya pernah baca. Tapi saya cari kok lupa . Tolonng kataya sih itu softwer bawaan microsoft

    ReplyDelete
  29. Mungkin yang mbak Astuti maksud Microsoft . NET framework ya?

    ReplyDelete
  30. Kok ga bisa kedetect wiimote dibluetooth ya.

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya