24 December 2008

Ip Man

Lagi Berlatih Kungfu

Film 'Ip Man' ini mengisahkan tentang perjalanan hidup mahaguru Ip Man (diperankan oleh Donnie Yen), sang pendiri dari klub beladiri aliran Wing Chun. Ip man ini sendiri merupakan guru dari aktor laga terkenal Bruce Lee. Ip Man hidup pada saat masa di mana Cina mulai di jajah oleh Jepang. Mulanya Ip Man merupakan seorang yang tidak begitu ingin menurunkan ilmu kungfunya kepada siapapun juga. Tetapi pada saat melihat penderitaan sesama akibat tidak bisa membela diri disaat tertindas, akhirnya dirinya sadar harus berbuat sesuatu untuk sesamanya. Dari sisi cerita memang film ini bisa membangkitkan rasa nasionalisme terhadap banga dan negara yang dalam hal ini negara Cina terhadap aksi penjajahan Jepang pada saat itu. Film ini bisa membuat penonton ikut merasakan kebencian Ip Man pada Jepang. Satu lagi di film ini yang membuat saya jatuh hati yakni koreografi aksi kungfunya. Sungguh luar biasa!. Sammo Hung sebagai action director seharusnya berada dibalik semua ini.

Istri Cantiknya Ip Man beserta Anak Tunggal Lelakinya

Film ini sangat berbeda dengan film lainnnya terutama film aksi barat yang terkadang sulit bagi kita menangkap gerak gerik dari aktornya. Kalau boleh saya contohkan seperti di film James Bond terbaru, Quantum of Solace , perkelahian James Bond dan banditnya begitu cepat sehingga penonton hanya melihat awal perkelahian dan setelah itu banditnya udah terkapar mati tanpa kita bisa ketahui prosesnya. Memang sungguh dan sangat sulit mata ini mengikuti dan mengerti proses perkelahiannya. Mungkin ini juga yang membedakan film aksi Barat dan Cina. Saya begitu menikmati setiap gerak-gerik aksi kungfu yang begitu memukau di film ini. Saya yakin penonton lain juga bakal merasakan hal yang sama.

Nah ini nih foto aslinya Mahaguru Ip Man
( diambil dari Sunny Peh)


Lagi menurunkan ilmu neh
( diambil dari Sunny Peh)

Menurut saya film ini merupakan salah satu film bagus di penghujung tahun 2008. Bagi yang belum menonton tak ada ruginya untuk segera beli tiket dan merasakan aksi kungfunya Donnie Yen. Bagi yang masih ragu bisa segera meluncur ke website officialnya Ip Man di http://www.ipman-movie.com untuk melihat trailernya.

1 comment:

  1. aihhh...... swami ku baru aja bli pilem ini...
    Ip Man III...
    Blon nonton ciee... tar dheeeee, klo udah senggang...

    Ip Man I sedih...
    Uhuu..... :cry:

    yg ke II blon nonton..

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya