15 June 2012

Laptop panas bukan masalah lagi . Semoga ! :-)

Kali ini saya mau sharing bagaimana mengatasi laptop panas sesuai dengan pengalaman saya. Setelah sempat terjadi 2 kali laptop saya restart sendiri, akhirnya saya bertekad harus melakukan tindakan untuk mengatasinya. Akhir-akhir ini laptop saya terasa begitu panas di casingnya. Saya menduga ini penyebab laptop ku restart tiba-tiba. Ini saya konfirmasi setelah mendownload sebuah program bernama Core Temp . Dengan program kecil ini kita bisa mengetahui suhu prosesor laptop kita. Suhu laptop saya menunjukkan angka berkisar 75-85 derajat celcius. Sebelumnya saya ada menggunakan pendingin berbentuk kipas kecil yang ditaruh dibawah laptop. Dan ini ternyata tidak cukup mendinginkan. Bentuknya seperti gambar dibawah  ini.
Setelah google sana-sini, ku mendapatkan beberapa saran. Diantaranya harus di bersihkan ventilasi agar sirkulasi udara didalam laptopnya lancar mengalir. Ada yang menyarankan di semprot dengan udara yang cukup kencang sehingga debunya keluar semua. Gambarnya seperti dibawah ini. Tetapi terus terang saya tak tahu dimana beli neh benda.
Memang semenjak saya beli neh laptop beberapa tahun yang lalu tidak pernah saya bersihkan. Debu pastilah sudah menumpuk didalamnya. Saya ber-rencana menggunakan vacuum cleaner  untuk mengisap keluar debunya. Tetapi alat ini pun belum saya punyai. Akhirnya sayapun meluncur ke toko komputer terdekat. Yang bisa saya dapatkan adalah USB fan 1 kipas dan pompa angin manual seperti gambar dibawah ini.
Walaupun sebelumnya saya ragu dengan kemampuan dua benda ini tetapi harus dicoba tentunya. Dengan menyemprotkan di kisi-kisi tempat keluarnya dan masuknya udara di laptopnya, debu-debu tebal pada berterbangan. Ini memberikan saya sedikit keyakinan dan kelegaan di hati kalau neh benda kayaknya berfungsi baik. Dan memang ternyata setelah dicoba, suhu laptopnya menjadi sekitar 55-65 derajat celcius. Sungguh penurunan yang luar biasa. Casing laptop pun sudah tidak terasa panas lagi pada saat mengetik. Akhirnya bisa sedikit bernapas lega dan semoga masalah restartnya tidak terulang lagi.

2 comments:

  1. mantap saudaraku...semoga tip2 yg saudara terbitkan ini dapat bermanfaat bagi saudara dan saudara/i kita yg lain (^_^)

    ReplyDelete
  2. Laptop panas karena penumpukan debu ya? O_o

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya