14 September 2011

Tata Cara Pembuatan SIM Baru di Satlantas Adinegoro Medan

Kembali saya harus menginjakkan kaki ke Satlantas Medan di Jalan Adinegoro. Kali ini dengan maksud ingin membuat SIM C baru. Maklum SIM C ku dulu itu dari kota Banda Aceh, berhubung sudah jadi warga Medan, maka seyogianya buat SIM baru lagi.

Ku coba hubungi kenalan kalau dianya bisa bantu urusin hal ini. Dapat info, katanya buat SIM baru mesti diurus sendiri, tak dapat diwakili. Waduh, pikirku dalam hati. Memang saya tahu sekarang perlayanan Satlantas udah semakin baik. Seharusnya urus sendiri pun tidak apa-apa. Tetapi mengingat kembali waktu dan pikiran yang harus dicurahkan , saya pun sedikit ragu. Maklum, prosedurnya sekarang saya tahu udah agak repot. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, ujian teori, dan juga ujian praktek.

Dan alkisah pagi ini tanggal 6 september 2011 sekitar jam 8 pagi, saya pun sudah tiba di Satlantas Adinegoro. Keadaan masih sepi tapi kegiatan udah mulai berlangsung. Buktinya sudah banyak yang antri untuk mengikuti ujian teori. Nah ujian ini adalah tahapan awal pengurusan SIM baru yang mana sebelumnya anda mesti memeriksakan kesehatan dahulu di klinik sekitar Adinegoro. Sekitar jam 9 barusan selesai saya mengikuti ujian teori. Untuk informasi saja, ujian ini sungguh sukar, kayaknya tak sampai separuh dari 30 soal yang saya bisa jawab. Di Ujian teori ini juga sekalian disuruh isi formulir pendaftaran pengurusan SIM baru.

Ruangan Ujian Teori

No. Urut Ujian Teori

Nah setelah mengikuti ujian teori, tahapan selanjutnya adalah membayar biaya pengurusan SIM baru. Harganya sudah tertera jelas di kasirnya. Untuk SIM A mesti bayar 120 ribu, sedangkan SIM C bayar 100 ribu. Lumayan lama juga saya menunggu di tahapan ini.

Biaya urus SIM baru

Setelah membayar, tahapan selanjutnya adalah foto diri agar SIM - nya ada foto anda. Untuk foto ini juga ada dikasih no. urut yang baru. No. ini diberikan pada saat tadi membayar biaya pengurusan.

Ruangan Foto

Di ruangan foto, kegiatan tidak berlangsung lama, hanya foto, diambil sidik jari dan setelah itu pengurusan SIM baru pun selesai. Kita sudah boleh pulang dan kembali esok harinya untuk mengambil SIM yang sudah siap. Kira-kira begini saja garis besar pembuatan SIM baru di Satlantas Adinegoro, semoga bisa menjadi panduan bagi yang ingin buat SIM di kota Medan tercinta ini.

18 comments:

  1. kira2 soal na apa za nih? bwt preparasi

    ReplyDelete
  2. tes kesehatannya kpn?

    ReplyDelete
  3. Kegiatan pemeriksaan kesehatan itu di awal-awal. Tempatnya di samping kantor polisinya. Soal nya terus terang tak begitu ingat lagi, yang pasti susah benar.:)

    ReplyDelete
  4. ko bsknya lgsg dpt sim..
    kpn ujian praktek na?

    ReplyDelete
  5. Rp520 ribu untuk SIM C dan Rp 640 ribu untuk SIM A.masyarakat terlebih dahulu harus belajar mengemudi dan mendapatkan sertifikat belajar mengemudi yang dikeluarkan Medan Safety Driving Centre (MSDC) yang beralamat di Jalan Bilal Medan.
    Di sana, dia dikenakan biaya sebesar Rp400 ribu di kasir. Setelah mendapat nomor ujian praktik, baru dia bisa mengikuti ujian praktik dan teori dengan fasilitas yang lengkap di markas MSDC.setelah lulus dan memperoleh sertifikat. Dia kembali mendatangi kantor Satlantas Polresta Medan di Jalan Adinegoro. Di sana, diwajibkan memeriksakan kesehatannya di Klnik Bersama dan dikenakan biaya Rp20.000. Setelah mendapatkan selembar surat kesehatan, pemohon langsung mendaftar ke ruang teori untuk mengikuti ujian teori lagi. it's scaring me?

    ReplyDelete
  6. Pertama buat surat kesehatan di klinik depan poltabes,biaya 20rb...yg penting gk buta warna aja,klw yg datang sama calo dilayani lebih cepat drpd yg tdk...
    Abis tu ujian teori,,,soalnya bisa dikatakan cukup mudah (sim A,C) klw paham tata tertib berlalu lintas dan rambu2.
    Selanjutnya ujian praktek,klw ada yg mengikuti tahap ini dpt dipastikan sedikit sekali yg lulus(anda akan tahu ketika anda melihat/mencoba langsung),dan setelah seharian saya amati,spt nya hampir tdk ada yg ikut ujian praktek,
    dan klw ada yg gk ujian praktek,kemungkinan besar pake jasa calo,,
    biaya sim 100rb dan 120rb adalah biaya resmi,tp klw pake calo utk sim c = 350rb, sim a = s.d 500rb,
    untuk sim a,c tdk perlu sertifikat mengemudi,jd jgn menghamburkan uang sia2,,,
    di satlantas ini calonya cukup banyak,,dan beberapa oknum polisi jg merangkap jd calo (menawarkan jln cepat)..
    bagi yg mau buat sim dengan prosedur yg "benar" maka anda harus menunggu dalam jangka waktu yg cukup lama,,karena harus berkali-kali ujian ulang seperti saya...

    ReplyDelete
  7. salam kenal
    saya mw urus sim baru dan belum pernah memiliki SIM.
    tata cara di atas kurang saya mengerti
    apa setelah tes kesehatan lalu ikut ujian teori, lalu paraktek
    yng saya baca di atas hanya sampai ujian teori langsung besoknya dapat SIM

    dan klw boleh tw total habis biaya nya berapa tuk ngurus SIM C

    ReplyDelete
  8. Pak Suya7 bisa membaca komentar dari Anonymous diatas :-)

    ReplyDelete
  9. Kemarin malam saya minta uruskan sama tetangga (orang dalam). Sim C asli expired dan kopi KTP saya berikan. Rencana hari ini jam 2 siang akan photo katanya. OK nanti sore saya sambung ya...

    ReplyDelete
  10. lanjutan.........
    Saya tadi jam 14:00 tiba di satlantas langsung masuk di ruang bagian SIM photo1 sesuai petunjuk teman. Dapat antri nomor 8 maka 8 x 3 menit = 24 menit kemudian giliran saya. Selesai photo langsung cabut balik ke kantor kerja. Mungkin malam nanti SIM C akan diantar ke rumah saya. Lanjutannya besok ya...........

    ReplyDelete
  11. lanjutan.......end of session.
    Nah... SIM C sudah saya terima tgl. 9 Des 2011 dari tetangga yang urus. Bayarnya Rp. 130 ribu. Lama pengurusan 2 hari.
    Sekian.....

    ReplyDelete
  12. ah gak ada tuh yg saya alami katanya harus bayar 500rb untuk hanya sertifikatnya aja unt sim c dan a belum yg lain2nya bagaimana ya bisa bisa 700rb atau lebih tu biayanya padahal mau urus langsung bgmn sih banyak prosedur yg tidak2 ,apakah kepolisian tahu tuh, saya pikir hanya tutup ata aja tuh, rasain lo yg mau urus sendiri. ih takut jadi urus sim banyak cengkuneknya

    ReplyDelete
  13. terima kasih informasinya...walau pun kurang jelas tapi sangat membantu ttg gambarannya...

    ReplyDelete
  14. SEKARANG UDAH BEDA LAGI...., TINGGAL HUBUNGI BANG xx, PANGKAT KOLONEL, DINAS DI SPN, BIAYA 200 RIBU TANPA UJIAN, LANGSUNG POTO, N SELESAI DEH...

    ReplyDelete
  15. permisi.. saya mau mutasi SIM dr Medan ke Bandung, kira2 persyaratannya apa aja ya??

    ReplyDelete
  16. buat surat kesehatan memang diwajibkan d klinik itu?, gkk bisa dari klinik lain?

    ReplyDelete
  17. Bisa bantu ane gan? Saya mau ngurus sim ni, mana tahu ada orang dalam nya...klu ada email sy gan,

    ReplyDelete

Kasih Donk Komentarnya