11 May 2013

Format NTFS ke FAT32 dengan cepat dan WinSCP pengganti Putty

Wah, minggu yang lumayan capek. Badan terasa panas dingin, tapi masih semangat nge-posting. Okay deh, langsung saja ya. Kali ini saya mau sharing pengalaman tentang Piratebox lagi. Ahyoo....Piratebox lagi.... :-).

Tapi beneran deh, neh benda akhir-akhir ini mengusik diriku. Rencananya begini, saya mau pakai tuh Piratebox untuk sharing film-film yang ukuran filenya gede-gede. Nah untuk itu, saya mengadopsi External Hard Drive merek Seagate berkapasitas 500 GB. Untuk kapasitas sebesar itu File System-nya biasanya adalah NTFS. Masalahnya Piratebox hanya mengenal File System FAT. Untuk format dari NTFS ke FAT(dalam hal ini FAT32) saya perlu tanya-tanya ke mbah google.

Cara pertama yang saya dapatkan adalah memakai MS Dos Prompt. Perintahnya :
format *namaDrive*: /FS:FAT32
Awalnya berjalan lancar dan setelah menunggu cukup lama keluar pesan kalau kapasitas nya terlampau besar untuk di format. Gagal deh percobaan pertama.

Saya coba format lagi dengan cara ini di komputer lain yang memakai Windows 8.
Waduh, prosesnya lebih lama, dihitung-hitung memakan waktu lebih kurang 6 jam proses formatnya.
Sambil nunggu saya nyari-nyari di google lagi. Eh ketemu cara lain yang katanya lebih singkat. Tetapi gimana ya, proses formatnya barusan 5%, apakah boleh di cancel?. Kalau mau cancel gimana caranya?. Dengan resiko External Hard Drive Seagate saya yang baru itu rusak , saya beranikan diri Shut Down komputernya agar proses formatnya bisa saya cancel.

Begitu komputer restart kembali, saya colokkin kembali Seagatenya. Alhasil keluar tampilan, kalau Hard Drivenya perlu di format. Langsung saja deh saya ikutin cara keduanya.

Disitu tinggal klik gambarnya entar akan di download program kecil bernama GuiFormat.Exe.
Dengan program ini yang kelihatan simpel dan tak meyakinkan, kucoba format neh Seagate.

Wow....proses berjalan begitu cepat. Memang disitu ada di centang tanda 'Quick Format'. Proses format pun selesai dalam sekian detik. Sanking cepatnya, sempat tak percaya juga neh hati. Coba di klik Propertiesnya, wuih....sudah tertera FAT32. Okay deh....coba di pakai untuk simpan data dan hapus data. Semuanya sampai sejauh ini aman kok. 

Baiklah, sekarang baru coba colok ke Piratebox-nya. Setelah sekian lama, tidak ada reaksi dari Pirateboxnya. Tetapi setelah menunggu lumayan agak lama, wuih...Pirateboxnya berjalan lancar. Berhasil deh....! Saya masukkin deh film-film, image game PSP, dan lain lain ke sana. :-)

Oh ya setelah ada yang kasih informasi kalau mau utak atik file di Pirateboxnya mendingan pakai program WinSCP. Sebelumnya pakai program Putty, dan mesti saya bilang WinSCP ini jauh lebih mudah pakainya layaknya memakai Windows Explorer. Aduh senangnya neh hati , kok nggak dari dulu-dulu aja tahunya ya. Tapi ya sudahlah, pokoknya sekarang sudah tahu deh ada program sakti ini. Selamat mencoba ya...!

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya