20 August 2012

Router Pertamaku TP Link MR-3020

Postingan kali ini boleh dibilang adalah sambungan dari postingan kemaren yang berjudul "Hadirkan Wi-Fi Zone dengan MUDAH" . Kalau yang kemaren itu buat Hotspotnya memakai virtual router alias router ecek-ecek , maka kali ini saya ingin sharing internetan dengan memakai router yang nyata.

Sebelumnya di dalam benak-ku kalau berurusan dengan namanya router itu bakalan rumit. Mesti panggil orang IT ( tukang komputer ) baru bisa menyelesaikan misi kompleks ini. Tetapi ternyata setelah saya berkenalan dengan produk dari TP-Link yang bernama MR-3020, pikiran seperti itu mesti dibuang jauh-jauh.

Bentuknya simpel saja seperti penampakan diatas. Jadi router ini mudah dibawa kemana-mana karena ukurannya kecil begitu. Nah sekarang masalahnya bagaimana menggunakan neh produk. Setelah google sana-sini, maka dapatlah gambaran singkat mengutak-atik neh router menawan ini. Router ini cara menghidupkannya tinggal di colokkan saja ke sumber listrik di rumah ( PLN ). Ataupun kalau lagi berpergian bisa juga di colokkan ke USB port laptop.

Okay, setelah di colokkan neh barang ke sumber listrik, langkah selanjutnya adalah men-setup neh benda. Caranya mudah saja yakni menghubungkan komputer/laptop kita ke Hotspot yang sudah dibuat oleh router ini. Tinggal search saja Hotspot -nya entar pasti ketemu deh. Kalo tak salah nama Hotspotnya ada mengandung kata 'TP-Link 3020'. Setelah terkoneksi, maka selanjutnya buka browser di laptop kita dan ketikkan alamat berikut : http://192.168.0.254/
Lalu muncul jendela yang mengharuskan kita masukkan Nama dan Password.
Tinggal ketikkan ' admin ' di nama dan juga di passwordnya.

Setelah itu akan muncul halaman setting-an dari TP Link 3020 ini.
Lalu di menu Quick Setup bisa di pilih jenis modem yang akan kita pakai dan jenis jaringan yang kita inginkan. Modem internetan yang kita punyai tinggal di colokkan ke USB port yang ada di routernya. Ada kalanya modem yang dipakai tidak kompatibel dengan routernya, tetapi tidak masalah tinggal di upgrade firmwarenya. Kalau mau lebih lengkapnya , tinggal di baca di buku petunjuknya. Setelah semua selesai, maka hotspot WiFi pun sudah tersedia. Jadi temen-temen dan semua anggota keluarga bisa menikmati internetan bersama-sama.

Akhir kata selamat mencoba dan jikalau ada pertanyaan bisa menghubungi saya kembali. :-)

No comments:

Post a Comment

Kasih Donk Komentarnya